Agenda

25 Jan

Pelantikan Pejabat Eselon IV (Kasubbag AKA)

Pelantikan Pejabat Eselon IV (Kepala Sub Bagian Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni) akan dilaksanakan pada hari ini pukul 09.30... Baca Selengkapnya

01 Okt

Sosialisasi Implementasi Penginputan e-PUPNS Tahun 2015

Nama Kegiatan: Sosialisasi Implementasi Penginputan e-PUPNS Tahun 2015.Peserta Kegiatan: Seluruh PNS &CPNS di lingkungan STAIN Syaikh... Baca Selengkapnya

27 Jul

Pengumuman Kelulusan UM-PTKIN 2015

Pada tanggal 24-25 Juli 2015 telah dilaksanakan sidang kelulusan untuk menentukan peserta yang dinyatakan lulus dan hasilnya akan diumumkan pada hari... Baca Selengkapnya

BERITA

Konsultan Perkembangan Anak berikan Kuliah Umum bagi Mahasiswa Psikologi Islam

Diposting oleh Administrator | Jumat, 15 November 2019 - 16:10:18 WIB

Bangka,15/11/2019. Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung adakan Kuliah Umum dengan Tema “Pendidikan Tanpa Diskriminasi Menuju Inklusifitas Sosial" di Aula Gedung Terpadu IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung pada Hari Jum’at, 15 November 2019 pukul 08.15 WIB sd. selesai.

Kuliah umum yang dihadiri oleh Rektor IAIN SAS Babel, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, Ketua Program Studi Psikologi Islam, dan Ketua Panitia kuliah umum ini turut mengundang Perwakilan Mahasiswa dari Universitas Bangka Belitung, Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang, dan Mahasiswa IAIN SAS Babel yang seluruhnya berjumlah 80 peserta.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN SAS Babel berpesan bahwa “Mudah-mudahan hari ini dan nanti kita dapat memberikan inspirasi dan energi positif bagi lingkungan sekitar, agar kita semua sadar bahwa ada anak-anak yang membutuhkan kita, dan jangan kita abaikan apa lagi kita kucilkan”.

“Meskipun Psikologi Islam merupakan program studi baru, kita harus menunjukkan bahwa kita juga penting dan bisa bersaing, dengan cara mempromosikan secara luas agar semua orang tahu bahwa Program Studi Psikologi Islam ada di IAIN SAS Babel”, tambahnya.

Narasumber dalam kuliah umum Psikologi Islam kali ini adalah Waskito Budi Adi Aribowo, RPT, RMT sebagai Konsultan Perkembangan Anak dengan membawakan materi mengenai Profil Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan bagaimana cara menghadapi ABK. Dengan pengalaman selama 19 tahun bergelut di bidang ABK, tantangan yang dihadapi oleh konselor adalah ABK tidak bisa mengeluh dan mengungkapkan apa yang mereka alami walau merasa sakit sekalipun.
Penyebab ABK tidak selalu dari faktor internal (genetik, kurangnya asam folat, terpapar mercury kosmetik, hidup yang tidak sehat, air yang diminum, dll), melainkan dari faktor eksternal (psikologis anak yang dipengaruhi oleh pola asuh orang tua, lingkungan, tindakan bullying, dll).

Peserta sangat antusias mengikuti kuliah umum ini yang ditunjukan dari banyaknya peserta yang menanyakan seputar profil ABK dan menanyakan pengalaman anak dan saudaranya.

Penulis : Mega Parayannie / Ayaknan
Fotografer : Mega Parayannie
Editor : Turmuzi