Agenda

25 Jan

Pelantikan Pejabat Eselon IV (Kasubbag AKA)

Pelantikan Pejabat Eselon IV (Kepala Sub Bagian Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni) akan dilaksanakan pada hari ini pukul 09.30... Baca Selengkapnya

01 Okt

Sosialisasi Implementasi Penginputan e-PUPNS Tahun 2015

Nama Kegiatan: Sosialisasi Implementasi Penginputan e-PUPNS Tahun 2015.Peserta Kegiatan: Seluruh PNS &CPNS di lingkungan STAIN Syaikh... Baca Selengkapnya

27 Jul

Pengumuman Kelulusan UM-PTKIN 2015

Pada tanggal 24-25 Juli 2015 telah dilaksanakan sidang kelulusan untuk menentukan peserta yang dinyatakan lulus dan hasilnya akan diumumkan pada hari... Baca Selengkapnya

BERITA

Pimpinan DEMA dan SEMA PTKIN Ikuti Student Mobility Program di Tiga Negara

Diposting oleh Administrator | Senin, 02 Desember 2019 - 15:48:07 WIB

Bangka,2/12/2019. Student Mobility Program atau yang disingkat SMP ini diikuti oleh 38 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yaitu UIN, IAIN, dan STAIN sejak tanggal 24 - 30 November 2019 yang dilaksanakan di tiga negara yaitu Singapura, Malaysia, dan Thailand. Tujuan diadakannya SMP ini adalah untuk mengenalkan budaya akademik dan cross culture di beberapa universitas pada tiga negara, melakukan diskusi dan presentasi dengan fokus meningkatkan moderasi beragama dan meningkatkan kualitas pendidikan tinggi Islam, dan melakukan kerjasama dalam bidang pendidikan dan pengakaran serta penelitian kolaboratif antar perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

Kegiatan Student Mobolity Program merupakan ajang pembelajaran bagi mahasiswa dalam hal memperoleh ilmu dan wawasan. Kegiatan yang diadakan oleh Kementrian Agama ini merupakan sebuah gerakan pemersatu pemuda dalam hal pendidikan karena dari hasil kegiatan ini membuktikan bahwa mahasiswa PTKIN adalah generasi yang cinta damai, toleran serta memiliki kepedulian dalam hal kemanusiaan dan keberagamaan, serta saling menghormati satu sama lain.
IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung mengirimkan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Dr. H. Janawi, M.Ag, Kasubbag Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Kusnadi, S.Kom dan Ketua Dewan Mahasiswa Mardiansyah dalam SMP 2019. Perwakilan PTKIN dalam SMP 2019 mengunjungi empat Univeritas unggul, yaitu Kolej Az-Zuhri Singapura, International Islamic University Antar Bangsa Selangor Malaysia, International Islamic University Malaysia, dan Fatoni University Thailand Selatan.

Untuk kedepannya, Univeritas yang dikunjungi dapat bekerjasama dalam rangka mempersiapkan generasi muslim yang dapat berkontribusi pada perkembangan dunia.Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama berharap bahwa “Program ini dapat dilakukan setiap tahun untuk memberikan pengalaman belajar diberbagai perguruan tinggi baik bagi mahasiswa, tenaga kependidikan, dan dosen. Untuk kedepannya, masing-masing PTKIN dapat mengalokasikan anggaran secara berkesinambungan. Selain itu, kegiatan ini dapat dijadikan sebagai evaluasi diri dan sekaligus untuk pembenahan PTKIN. Di samping itu, SMP dapt dijadikan sebagai dasar membangun networking dan kerjasama pada bidang-bidang yang dibutuhkan.”

Ketua Dewan Mahasiswa IAIN SAS Babel Mardiansyah mengatakan bahwa,“dalam perjalanan di tiga negara ini tentu kita bisa belajar banyak tentang proses pendidikan terutama dalam nilai keislaman, misalkan saja seperti Fatoni University Thailand merupakan Universitas Islam satu-satunya yang ada di Thailand yang berjuang menyebarkan Islam dalam kalangan Islam Minoritas. Namun dari kampus ini saya belajar banyak hal terutama bahwa dakwah Islam harus tetap disebarluaskan dan tentu ini menjadi peran penting yang harus di dilakukan oleh generasi muda, karena saya melihat sebuah perjuangan kaum muslim di Fatoni University Thailand yang hidup di kalangan non muslim dan bagaimana mereka berjuang mendirikan universitas Islam yang tanpa dukungan dari pemerintah.

Dengan hal ini saya bisa melihat bahwa Islam itu menyejukkan dan memiliki persatuan dan persaudaraan yang begitu erat. Harapannya kedepan kegiatan ini tetap bisa menjadi kegiatan yang menghasilkan sebuah gagasan ilmu serta bisa menjadi media pembelajaran bagi setiap mahasiswa PTKIN yang mengikuti kegiatan ini”.

Penulis : Mega Farayannie /Ayaknan
Editor : Turmuzi