BERITA

Mahasiswa Bidikmisi IAIN SAS Babel Goes to School

Diposting oleh Administrator | Senin, 10 Februari 2020 - 15:34:13 WIB

Bangka (10/02/2020). Mahasiswa Bidikmisi IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung mengunjungi sekolah-sekolah yang berada di Bangka Belitung untuk melakukan Sosialisasi Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri (PMB Mandiri). Sosialisasi tersebut menyambangi lima Kabupaten dan Kota diantaranya, Bangka, Bangka Selatan, Bangka Barat, Bangka Tengah, dan Kota Pangkalpinang. Kegiatan yang diberi nama Bidikmisi Goes to School ini menyapa siswa-siswi selama sepekan lamanya.

Dalam kegiatan program kerja Bidikmisi Goes to School (BMGTS) 2020 ini ada beberapa hal yang disosialisasikan oleh Formum Mahasiswa Bidikmisi (FORMASI), yang pertama mengenai Profil kampus IAIN, yang kedua mengenai Fakultas dan Prodi yang ada di IAIN SAS Bangka Belitung, sarana dan prasarana, prestasi, dan jalur pendaftaran masuk PTKIN”, ujar Sibawahi.

“Saat ini, Beasiswa Bidikmisi digantikan dengan Beasiswa KIP Kuliah. Yang mana kita memberi pemahaman tersebut kepada adik-adik siswa kelas XII. Jadi, takut mereka sudah mengharapkan beasiswa bidikmisi, tau-taunya gak ada lagi. Nah itu menjadi salah satu yang kita tekankan kepada adik-adik bahwa Beasiswa Bidikmisi masih ada, cuma berganti nama saja menjadi KIP Kuliah. Hanya saja ada syarat tambahan, karena sebelumnya syarat penerima beasiswa Bidikmisi adalah memiliki prestasi akademik yang bagus dan dari keluarga yang kurang mampu. Nah syarat tambahannya adalah mencantumkan KIP Kuliah, dan tidak menikah selama menerima beasiswa. Untuk kuota Beasiswa KIP kuliah tahun 2020 ini sebesar 140 kuota, jauh lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya”, tambah Sibawahi Ketua Formasi IAIN.

Kusnadi, S.Kom. penanggung jawab BMGTS 2020 sekaligus Kasubbag Administrasi, Akademik dan Kemahasiswaan menjelaskan bahwa tahun 2020 ini IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung membuka seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui tiga jalur, yaitu SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan PMB Mandiri. Kuota yang disiapkan sebanyak 1.300 mahasiswa dengan rincian jalur SPAN-PTKIN sebanyak 391 orang, jalur UM-PTKIN sebanyak 520 orang dan jalur PMB Mandiri sebanyak 389 orang.

Saat ini, Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru masih membuka pendaftaran Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sebagai syarat untuk pendaftaran siswa pada jalur penerimaan SPAN PTKIN atau jalur undangan tanpa tes. Pendaftaran PDSS dapat dilakukan hingga tanggal 10 Februari 2020. Sedangkan pendaftaran siswa dimulai tanggal 3 - 28 Februari 2019.

IAIN SAS Bangka Belitung sebagai salah satu peserta SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan PMB Mandiri menawarkan sebanyak 12 program studi keagamaan yang tersebar di tiga fakultas. Tiga Fakultas itu adalah 1. Fakultas Tarbiyah: Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI), Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan Prodi Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam (BKPI). 2. Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam: Prodi Perbankan Syariah (PS), Prodi Akuntansi Syariah (AS), Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI). 3. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam: Prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Prodi Jurnalistik Islam ( JI) dan Prodi Psikologi Islam (PI).

Siswa siswi sangat antusias dengan kedatangan kami, banyak sekali yang mereka tanyakan terkait prodi-prodi yang ada di IAIN. Jadi selain sosialisasi, kami juga membagikan brosur PMB di sekolah-sekolah dan memasang spanduk di jalan-jalan utama. Kami berharap, dengan adanya sosialisasi khususnya terkait prodi yang ada di IAIN ini, siswa siswi dapat menentukan pilihan serta mengenal lebih dekat IAIN SAS Bangka Belitung, sehingga mereka dapat menentukan pilihan prodi sesuai minatnya bukan hanya sekedar ikut-ikutan”, ungkap Komariah, salah satu Staf Administrasi, Akademik dan Kemahasiswaan.

Penulis : Mega Parayannie / Ayaknan
Editor : Turmuzi