Berita

Hari Pertama Ujian Online UM-PTKIN di IAIN SAS Bangka Belitung Bejalan Lancar

Bangka, 3/8/2020. Pelaksanaan Tes Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (UM-PTKIN) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung secara... Baca Selengkapnya

Hari Raya Idul Adha 1441 H, IAIN SAS Bangka Belitung Menyembelih 3 Ekor Sapi

Bangka, 3/8/2020. Segenap civitas akademika IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung pada hari raya Idul Adha 1441 H tahun 2020 ini telah... Baca Selengkapnya

Yudisium Ke-2 Pascasarjana IAIN SAS Bangka Belitung

Bangka,30/7/2020. Yudisium Ke-2 Program Pascasarjana IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Senin 28 Juli 2020 diselenggarakan di Aula... Baca Selengkapnya

Tim Pengawas Lokal IAIN SAS BABEL Gelar Simulasi SSE UM-PTKIN

Bangka,29/7/2020.Sejumlah pengawas lokal dan PanitiaUM-PTKIN IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung yang terlibat dalam Sistem Seleksi... Baca Selengkapnya

Turut Berduka Cita

Innalillahi Wa Innailaihi Raji’un Bangka ( 20/7/2020). Keluarga Besar IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung menyampaikan turut... Baca Selengkapnya

Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data

A. PROFIL SINGKAT

Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data selanjutnya disingkat Unit TIPD adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis yang merupakan unsur penunjang dalam penyelenggaraan pendidikan di lingkungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Unit TIPD berfungsi sebagai pengelola dan pengembangan sistem informasi dan pangkalan data di lingkungan
IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 36 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.


Unit TIPD di
IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung mulai dibentuk pada awal tahun 2015. Pada tahun-tahun sebelumnya Unit TIPD lebih dikenal dengan sebutan Puskom sesuai dengan nomenklatur yang tercantum di dalam Ortaker dan Statuta STAIN yang lama. Namun pada waktu itu keberadaan Puskom di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung kurang mendapatkan perhatian stakeholder dengan tidak ada kepengurusan di dalamnya. Hal ini dikarenakan keterbatasan Sumber Daya Manusia dan hal lainnya. Namun seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan di era pemerintahan dan pendidikan yang banyak menggunakan aplikasi berbasis teknologi informasi untuk mendukung tugas dan pelayanannya, maka IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung sebagai instansi pemerintahan/institusi di bidang pendidikan dituntut untuk dapat menyediakan sistem informasi dan pangkalan data yang baik. Untuk menjawab tuntutan tersebut maka dibentuklah Unit TIPD IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung meskipun dengan SDM seadanya.


B. VISI DAN MISI


• VISI
“Menjadi Pusat Pengembangan Sistem Informasi dan Pangkalan Data Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang Handal, Akurat, Inovatif dan Informatif, Transformatif, Edukatif, dan Kreatif (HAITEK).”


• MISI
Untuk mencapai visi tersebut di atas, Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) memiliki misi sebagai berikut:
1. Meningkatkan kualitas dan mutu sumber daya manusia melalui berbagai pelatihan/seminar/workshop di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
2. Meningkatkan pendayagunaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengelolaan data dan informasi secara profesional pada tiap unit di lingkungan STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.
3. Meningkatkan layanan teknologi informasi dan komunikasi yang handal, akurat, informatif dan edukatif bagi civitas akademika dan masyarakat.


C. PROGRAM


1. Membangun dan mengembangkan website kampus dengan sistem pengelolaan yang desentralisasi pada tiap unit sehingga memudahkan penyajian informasi dan menampilkan informasi yang selalu update.
2. Membangun dan mengembangkan Pangkalan Data Perguruan Tinggi yang terpusat, akurat, dan terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Membangun dan mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi (SIM PT) yang mendukung kelancaran proses akademik dan kemahasiswaan, kepegawaian, dan keuangan.
4. Menjalin kerjasama dengan Unit/Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (Puskom) Perguruan Tinggi lain.