Berita

Penjemputan Mahasiswa Magang IAIN SAS BABEL

Diposting oleh Administrator | Jumat, 30 Agustus 2019

Bangka, 30/8/2019. Bertempat di ruang Sidang I Pengadilan Agama Sungailiat Kelas 1B telah dilaksanakan acara Penjemputan Mahasiwa Magang Program Studi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhsiyyah) Fakultas Syariah Syariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Kegiatan magang tersebut dijalani mahasiswa selama kurang lebih 45 hari. Acara berlangsung mulai pada pukul 09.00 WIB s/d selesai, acara tersebut dihadiri oleh Drs. H. Sardauli Siregar, M.A., M. Andri Irawan, S.H.I., M.H. (Hakim Pengadilan Agama Sungailiat), Reski Anwar, S.H., M.H. (DPL Magang) dan Reka Meilani, S.E., M.M. (Panitia Magang). Hadir pula para Mentor diantaranya Alias, S.H. (Sekretaris), Hasmawaty, S.H. (Panitera) beserta Pegawai Pengadilan Agama Sungailiat.

Rangkaian kegiatan penjemputan mahasiwa diawali dengan pembukaan oleh M. Andri Irawan, S.H.I., M.H. (Hakim) yang mewakili pimpinan, beliau menyampaikan beberapa arahan diantaranya bahwa yang utama dalam kegiatan magang ini adalah komitmen serta kedisiplinan guna membentuk diri menjadi lebih baik lagi. Selain itu beliau juga mengharapkan agar dapat terus melakukan kerjasama terutama dalam hal pengiriman mahasiswa magang setiap tahunnya.

Reski Anwar, S.H., M.H. selaku Dosen Pembimbing Lapangan, dalam sambutannya mengatakan bahwa pada kegiatan magang kali ini tentu telah memberikan wawasan baru bagi para mahasiswa. Setelah mengikuti secara langsung persidangan yang riil di Pengadilan Agama Sungailiat, ternyata banyak dijumpai perkara-perkara yang menarik perhatian. Perkara-perkara yang sedikit janggal atau mungkin sebenarnya hal sederhana yang selama ini mungkin tidak terbayangkan di dalam benak mahasiswa.

Perkara-perkara yang baru ditemui oleh mahasiswa ini tentunya bisa merangsang intelektualitas dan keingintahuan mahasiswa serta menyadarkan betapa pentingnya praktik di lapangan untuk dapat mengetahui dan mengatasi kondisi permasalahan sebenarnya yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Berbagai hal yang didapat oleh mahasiswa selama mengikuti magang tentu akan sangat bermanfaat nantinya ketika para mahasiswa telah menjadi alumni dan dihadapkan pada dunia peradilan yang sesungguhnya. Melalui program ini semoga akan tercipta alumni-alumni yang mampu bersaing untuk memperoleh kedudukan dalam lingkungan Peradilan Agama.

Beribu ucapan terima kasih kepada segenap Hakim, Mentor dan Pegawai Pengadilan Agama Sungailiat yang telah bersedia menerima dan membimbing mahasiswa kami dan semoga di tahun berikutnya kerjasama ini bisa berkelanjutan. Selanjutnya Acara ditutup dengan penyerahan cinderamata untuk Pengadilan Agama Sungailiat dan dilanjutkan foto bersama.


Penulis : Riski /Ayaknan

Fotografer : Riski

Editor : Turmuzi