Berita

IAIN SAS Bangka Belitung Tambah 2 Doktor

Diposting oleh Administrator | Selasa, 17 September 2019

Bangka,17/9/2019. Geliat majunya kampus di daerah semakin menunjukkan eksistensinya. Seperti halnya di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik (SAS) Babel terusmenambah dosen dengan gelar doktor yang telah mengikuti sidang terbuka.
Wakil Rektor IDr.Rusydi Sulaiman,M.Ag menjelaskan bahwa bertambahnya dua dosen bergelar doktor semakin mempertegas bahwa IAIN SAS Babel terus berbenah untuk memperkuat kelembagaan, jenjang Strata3 sudah pasti harus ditempuh oleh setiap dosen dan hal tersebut menjadi perhatian kampus, ujarnya.

Apalagi kata Rusydi, karena dengan meningkatnya status dari STAIN menjadi IAIN.Rusydi Sulaiman dan civitas IAIN SAS Babel merasa bahagia, karena ada dua dosen telah menyelesaikan studi Doktoral (Strata 3),“alhamdulillah satu orang di Tenaga Kependidikan dan satu orang Dosen di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam”.  Adapun yang meraih gelar doktor dari Tenaga Kependidikan yaitu Dr.Ahmad Fadholi,M.S.I danDosen Fakultas Perbankan dan Ekonomi Islam Dr. Wulpiah, M.Ag. Saat ini di IAIN SAS Babel sudah ada 17 orang yang memiliki gelar doktor. Menurut Rusydi Sulaiman, hal ini akan memperkuat kualitas akademik dan berpengaruh terhadap percepatan akreditasi.

Bahkan tahun ini, jelas Rusydi Sulaiman 6 Dosen lulus di Program 5000 Doktor diantaranya Agus Triyono,MBA,Subardi,M.KPd.,Kartika Sari,M.Hum,M.Ikhsan Ghozali,M.Si, Yohan,M.Pd., dan Saiful Anwar,M.Pd.I. “Saya sudah sarankan kepada dosen untuk memilih kampus yang tidak sama dengan doktor yang sudah ada saat ini," jelasnya.

Kedepan diharapkan akan dapat memperkuat akses dalam hal akselerasi penguatan pengembangan kampus masa depan."Kita tentu tidak hanya berpikir IAIN, tapi sudah mulai mengarahkan pada UIN, namun butuh waktu tentunya," ungkap beliau.
Kemarin dalam ujian terbuka, Dr.Wulpiah,M.Ag. mempertahankan disertasinya yang berjudul “Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Porsi Pembiayaan Bagi Hasil Studi Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Daerah Istimewa Yogjakarta dan Jawah Tengah“ di Auditorium Gedung Fakultas Ekonomi Pascasarjana UII Yogyakarta. Adapun promotor Prof.Dr.Edy Suandi Hamid,M.Ec., Co Promotor I Dr.Zainal Arifin,M.Si.,Co Promotor II Drs.Agus Widarjono,M.A.,Ph.D.,Penguji I Prof.Dr.Abd.Salam Arif,M.A.,Penguji II Drs.Akhsyim Afandi,M.A.,Ph.D.,Penguji III Abdul Hakim,S.E., M.Ec.,Ph.D dan Ketua Sidang Dr.Drs.Imam Djati Widodo,M.Eng.Sc.

Sediktinya kurang lebih 50 orang hadir sebagai undangan dalam ujian terbuka tersebut, antara lain segenap sivitas akademika IAIN SAS Babel ikut menyaksikan langsung pengukuhan doktor yaitu Kaprodi Perbankan Syariah Dr.Rahmat Ilyas,M.S.I, serta hadir pula keluarga dan teman sejawat.

Penulis : Ayaknan
Editor : Turmuzi