Berita

LP2M IAIN SAS BABEL GELAR SEMINAR PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN DOSEN TAHUN 2020

Diposting oleh Administrator | Jumat, 20 September 2019

Bangka16/9/2019. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) adakan Seminar Proposal Penelitian Dosen Tahun Anggaran 2020 IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung pada 16 September 2019 di Ruang Rapat Pertemuan IAIN SAS Babel.

Ketua LP2M IAIN SAS Babel, Dr. Irawan, M.S.I, dalam pengantarnya menyampaikan bahwa seminar proposal ini diikuti oleh para peneliti yang berasal dari dosen dan tenaga fungsional IAIN SAS Babel. Proposal penelitian yang diseminarkan berjumlah 32 proposal, terdiri dari Klaster Penelitian Pembinaan/Kapasitas (15 proposal), Klaster Penelitian Pengembangan Prodi (11 proposal), Klaster penelitian Interdisipliner (1 proposal), Klaster Penelitian Pengembangan Pendidikan Tinggi (2 proposal), Klaster Penelitian Kajian Aktual Strategis Nasional (2 proposal), dan Klaster Pengabdian kepada Masyarakat Berbbasir Progran Studi (1 proposal). Sebelum melakukan seminar proposal penelitian dosen ini, menurut Kartika Sari, M.Hum (Selaku Sekretaris LP2M IAIN), para dosen telah mengirimkan proposalnya melalui akun masing-masing ke litapdimas.app. dan dicek plagiat melalui aplikasi Turnitin.

Masing-masing proposal dinilai oleh 2 reviewer, yaitu Prof. Zulkifli, M.A. Ph.D (Wakil Rektor I UIN Syarif Hidayatullah Jakarata) dan Dr. Syafriyeni, M.Ag (Dosen sekaligus Ketua LP2M UIN Raden Fatah Palembang).

Seminar ini dibuka oleh Wakil Rektor I Bagian Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag. yang mewakili Rektor IAIN. Dalam sambutannya, Rusydi Sulaiman mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas penelitian para dosen dan tenaga fungsional. Demikian juga Irawan berharap agar outcome penelitian para dosen berupa buku yang ber-ISBN, dipublikasikan di jurnal bereputasi nasional dan internasional.

Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh para dosen dan tenaga fungsional ini merupakan implikasi dari Agenda Riset Keagamaan nasional (ARKAN) yang telah ditetapkan pada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6994 Tahun 2018.

Sebelum dilaksanakan kegiatan seminar proposal penelitian, LP2M telah melakukan beberapa kegiatan: Seminar Laporan Antara Penelitian Dosen Tahun 2019 dan Sosialisasi LITAPDIMAS Anggaran 2020 (2 Agustus 2019), Pembekalan Kuliah Kerja Nyata Angkatan III Tahun 2019 Fakultas Tarbiyah IAIN SAS Babel (28 Agustus 2019), Sosialisasi Penulisan Artikel Pengabdian Kepada Masyarakat (4 September 2019), Pelatihan Open Journal System (5 September 2019), Seminar Hasil Penelitian Dosen (6 September 2019), dan Academic Writing Gender dan Anak (9 September 2019).


Penulis : Mega Parayannie /Ayaknan

Editor : Turmuzi