Berita

Bapak Gubernur ajak Mahasiswa IAIN SAS Babel Jadi Enterpreneur

Diposting oleh Administrator | Jumat, 20 September 2019

Bangka,20/9/2019. Dalam rangka meningkatkan minat dan bakat mahasiswa/i dalam bidang kewirausahan, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung (IAIN SAS Babel) gelar Kuliah Umum bersama Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan mengangkat Tema “Membangun Jiwa Enterpreneur bagi Generasi Millenial” di Aula Gedung Terpadu IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung pada Hari Rabu, 18 September 2019.
Kegiatan kuliah umum ini turut dihadiri oleh Dewan Kreasi Nasional Daerah Prov. Kep. Babel, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov.Kep. Babel, Perwakilan dari Pusat Layanan Usaha Terpadu Prov. Kep. Babel, Rektor IAIN SAS Babel, Kepala Biro IAIN SAS Babel, Wakil Rekror 1, Wakil Rektor 3, dan Ketua Darma Wanita IAIN SAS Babel.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Rektor IAIN SAS Babel, Dr. Zayadi, M.Ag sekaligus mengucapkan terimakasih kepada Bapak Gubernur karena telah menyempatkan hadir menjadi salah satu Narasumber dalam Kuliah Umum, seperti yang dikatakan dalam sambutannya “Saya juga menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Gubernur dimana dengan kesibukan yang begitu padat, beliau masih menyempatkan untuk hadir kehadapan kita semua dalam kegiatan Kuliah Umum ini”.

Narasumber dalam kegiatan kuliah umum ini adalah H. Erzaldi Rosman, S.E, M.M. selaku Gubernur Prov. Kep. Babel dan Hj. Melati Erzaldi, S.H. selaku Dewan Kreasi Nasional Daerah Prov. Kep. Babel.
Bapak Gubernur berpesan bahwa untuk menjadi Enterpreneur harus belajar ilmu ekonomi terlebih dahulu, “untuk dapat menjadi Enterpreneur, untuk dapat menguasai ekonomi, kita harus mempelajari ilmu ekonomi”, selain itu beliau juga berharap agar Koperasi Mahasiswa IAIN SAS Babel terus aktif berkembang. Kedepannya mahasiswa IAIN SAS Babel menciptakan dan membuka lapangan pekerjaan bagi orang banyak, dan banyak lulusan dari IAIN SAS Babel yang menjadi Enterpreneur.

Tidak hanya memberikan kuliah umum, Bapak Gubernur juga memberikan bantuan seperti Laptop bagi mahasiswa, 2 set alat musik untuk Hadroh IAIN SAS Babel, serta lebih dari 50 tiket bioskop untuk panitia kegiatan dan mahasiswa yang aktif bertanya, ada pula bantuan mesin rumput, bantuan untuk koperasi mahasiswa, dll.
Mahasiswa yang menghadiri kuliah umum sangat antusias dalam mendengar pemaparan dari Bapak Gubernur dan Ibu yang dapat dilihat dari partisipasi mahasiswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari narasumber.

Ibu Melati memberikan pemaparan mengenai tips dalam membangun suatu bisnis, yaitu diantaranya trial and error dalam bisnis kuliner, pengemasan yang unik agar menarik perhatian konsumen, terus berinovasi dalam bisnis, berikan ide-ide baru yang orisinil, mengolah produk menjadi turunannya, misalnya olahan dari sahang dan madu menjadi obat urut, masker atau campuran dalam kosmetik, sabun, dll. “Bangka Belitung adalah provinsi yang kaya, kita memiliki Sahang atau Lada terbaik di dunia, Madu Trigona dari Lebah tanpa sengat karena tidak semua daerah ada Madu Trigona yang dapat menjadi unggulan kita. Kain Cual asli Bangka Belitung yang akan punah jika bukan kita sendiri yang menggunakannya. Bangka Belitung adalah pulau yang kaya, tinggal bagaimana kita memasarkannya”, tutur Ibu Melati.

Penulis : Mega Parayannie /Ayaknan
Editor : Editor