Berita

IAIN SAS BABEL Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Diposting oleh Administrator | Selasa, 01 Oktober 2019

Bangka,1/10/2019. IAIN Syaikh Abdurahman Siddik Bangka Belitung menyelenggarakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila. Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila IAIN SAS Babel diikuti para pejabat, pegawai administrasi, dosen dan perwakilan mahasiswayang dilaksanakan di halaman Kampus IAIN SAS Babel. Seluruh peserta mengikuti upacara ini dengan penuh khidmat.

Rektor IAIN SAS BABEL yang diwakili oleh Wakil Rektor II Prof.Dr.H.Hatamar,M.Ag. mengatakan, dengan tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia”semestinya bisa memberikan kesadaran bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk meresapi nilai-nilai luhur Pancasila yang telah dirumuskan para pendiri bangsa ini untuk dapat merekat erat sebagi kepribadian bangsa. Hal inisangatpenting, karena dengan kondisi sosiokultur yang heterogen dibutuhkan ideologi netral yang dapat mengayomi keragaman Indonesia.

Maka tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Setiap tahun diperingati untuk mengingatkan kita semua bahwa Pancasila Sakti dan tak tergantikan sebagai dasar negara, pandangan hidup, jati diri bangsa, falsafah, ideologi, alat pemersatu bangsa Indonesia yang majemuk. Nilai-nilai luhur Pancasila juga harus dipraktekkan secara nyata, jangan sampai ternoda oleh perilaku KKN, pelanggaran HAM, usaha dis-integrasi bangsa, dan mementingkan kelompok.

Pancasila juga harus terus diperjuangan pelaksanaanya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, terlebih pada pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan yang bersih dalam rangka mewujudkan kesejahteraan yang adil dan merata untuk seluruh warga masyarakat Indonesia. Selain itu pada amanat upacara tersebut, diingatkan agar setiap kegiatan akademik di kampus ini tetap pada koridor mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila, agar kampus ini tetap eksis dalam memelihara tetap tegaknya Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, ujar Beliau.

Penulis : Ayaknan
Fotografer : Ayaknan
Editor : Turmuzi