Berita

Workshop Perdana Mahasiswa Prodi Jurnalistik Islam

Diposting oleh Administrator | Senin, 07 Oktober 2019

Bangka 07/10/19, Program Studi Jurnalistik Islam gelar kegiatan Workshop dengan tema “Kompetensi Mahasiswa Jurnalistik Islam”. Kegiatan tersebut merupakan agenda perdana yang dilaksanakan oleh prodi Jurnalistik Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung tahun 2019. Turut hadir pada kegiatan ini, Nasrun Supardi, M.A. sebagai Wakil Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, Amrullah M.S.I Ketua Prodi Jurnalistik Islam, serta peserta yang berasal dari 18 mahasiswa Jurnali
stik Islam dan 4 pelajar dari SMK N 1 Mendobarat dan MA Al Islam Kemuja.

Sekar Putri, M.A sebagai Ketua Pelaksana mengungkapkan, bahwa Workshop Kompetensi Mahasiswa Jurnalistik Islam ini dilaksanakan pada 7 sampai 9 Oktober 2019 yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi diri Mahasiswa prodi Jurnalistik Islam yang rencananya akan menjadi agenda tetap prodi sebanyak dua kali dalam tiap tahunnya. Workshop ini juga sebagai wadah promosi dan pengabdian dosen prodi Jurnalistik Islam untuk memberikan pelatihan dan praktik bagi bagi calon-calon jurnalistik muda Islam di Bangka.

“Apalagi prodi Jurnalistik Islam ini merupakan podi baru, diharapkan mereka lebih mengenal kompetensi yang dibutuhkan dalam bidang jurnalistik Islam. Meskipun sangat baru bagi mereka, tetapi tetap harus kenali lebih dulu apa itu jurnalistik. Kegiatan ini juga bagian dari kegiatan laboratorium jurnalistik Islam untuk mahasiswa. Sehingga kegiatan Workshop ini, memiki dampak positif khususnya bagi mahasiwa Jurnalistik Islam dan bagi pelajar yang memiliki minat pada bidang jurnalistik”, ungkap Ketua Panitia.

Kegiatan workshop diawali dengan pembukaan, yang dibuka langsung oleh Wakil Dekan. Pada sambutannya menyampaikan bahwa Mahasiswa Jurnalistik Islam harus semangat dan percaya bahwa Program Studi Jurnalistik Islam merupakan jurusan yang tepat dan pertama di Bangka Belitung. Selain itu, di zaman 4.0 mahasiswa dituntut untuk memahami bagaimana peran jurnalis dari era menial sekarang ini. Jurnalistik Islam adalah podi yang memberi kemaslahatan umat dan bernilai ibadah, ungkap Nasrun Supadi, M.A.

Pada workshop ini peserta dibekali motivasi dan games oleh Dody Irawan, M.Pd. untuk menumbuhkan semangat dan kreatifitas peserta. Serta materi-materi lain seperti Publik Speaking oleh Safril, M.Sos., Teknik Reportase oleh Rahayu Rahmadini, M.I.Kom., Teknik Penulisan Berita oleh Yera Yulista, M.Sos., Teknik Fotografi dan Desain Grafis oleh Rafles Abdi Kusuma, M.A., Manajemen Media oleh Sekar Putri, M.A.
Salah satu peserta workshop yaitu Danitati mengungkapkan “Alhamdulillah saya sangat senang sekali dengan kegiatan workshop yang diadakan oleh program studi jurnalistik Islam. Saya mendapat banyak sekali ilmu pertama ilmu publik speaking yang baik dan benar. Kedua, ilmu reportase menjadi seorang jurnalis yang propesional”. Selain itu ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini memberi manfaat yakni mengetahui bagaimana publik speaking yang baik dan ilmu jurnalistik walaupun belum mendapatkan perkuliahan tersebut semester ini di prodi jurnalistik Islam.

Penulis : Rafles Abdi Kusuma/Eriyan/Ayaknan
Editor: Turmuzi