Berita

IAIN SAS BABEL Gelar Seminar Nasional Ekonomi Islam

Diposting oleh Administrator | Kamis, 31 Oktober 2019

Bangka,31/10/2019. Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung menggelar Seminar Nasional bertemakan Optimal Spirit Berinvestasi dalam Meningkatkan Ekonomi Umat. Kegiatan ini tentu akan mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Bangka Belitung. Acara Seminar Nasional ini bertempat di Aula Gedung Terpadu IAIN SAS Babel.

Rektor IAIN SAS Babel dalam sambutannya mengatakan, “sekarang juga, kita sedang membuat gerakan ekonomi umat. Sinergi, penguatan, koordinasi dan akselerasi gerakan ekonomi umat". Beliau menyambut positif dengan adanya seminar ini dan menjadi pembelajaran kuliah umum bagi mahasiswa, khususnya untuk Prodi Perbankan Syariah.“Kegiatan ini tentu akan mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Bangka Belitung”, ujarnya.

Pada kesempatan lain, Gubernur Bangka Belitung Dr.Erzaldi Rosman,S.E.,M.M. saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa, perkembangan ekonomi Islam atau syariah ini perlu menjadi perhatian bersama “Ekonomi Syariah ini merupakan sistem yang sudah menjadi sistem nasional, karena itu dalam materi yang saya sampaikan menjelaskan bagaimana ekonomi syariah itu berkembang di Indonesia dan prospeknya berjalan dengan baik”.

Kita mengapresiasi kegiatan seperti ini, jadi masyarakat semakin tercerahkan, ekonomi syariah ini memiliki keuntungan lebih, yakni terjamin kehalalannya dan memiliki dampak keberkahan dari setiap kegiatan ekonominya.Salah satu caranya adalah dengan melakukan sinergi untuk membangun ekosistem ekonomi syariah yang dilakukan oleh setiap elemen. Baik masyarakat, akademisi, media, regulator dan bank syariah itu sendiri. Misal, untuk aspek masyarakat adalah bagaimana mereka mampu untuk membuka rekening dan melakukan transaksi melalui perbankan syariah, ujar Beliau.

Pada seminar nasional Ekonomi Islam kali ini, IAIN SAS Babel menghadirkan pembicara yang mumpuni soal ekonomi Islam, yakni Gubernur Bangka Belitung Dr.Erzaldi Rosman,S.E.,M.M., Pengurus DPP IAEI Dr.M.Syafii Antonio,M.Ec., Kaukabus Syarqiyah,S.E.,MSE,CFP dari Finacial Planer, Hasan Fauzi dari Pengembangan BEI dan Rivan Ishak dariIndo Primer Sekuritas.Tampak sekitar ratusan peserta mengikuti seminar tersebut dengan khidmat. Selain seminar nasional, acara hari ini juga dirangkai dengan penandatangan MoU dan Peresmian Galeri Investasi Syariah Bursa Efek Indonesia IAIN SAS Babel.

Penulis : Ayaknan
Fotografer : Ayaknan
Editor : Turmuzi