Berita

Prodi Jurnalistik Islam mengundang Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia Kembangkan Kemampuan Fotogra

Diposting oleh Administrator | Kamis, 05 Desember 2019

Bangka, 4/12/2019. Program studi Jurnalistik Islam mengundang fotografer senior Yudi Noviandi sebagai ketua APFI Bangka Belitung (Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia) dan Ketua BBCC (Bangka Belitung Cinematography Community) dalam kegiatan Coaching Clinic Photography. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang sidang skripsi atau munaqosyah fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Prodi Jurnalistik Islam, Amrullah,M.S.I, Rafles Abdi Kusuma, M.A sebagai sekretaris prodi dan Sekar Putri,M.A sebagai pengelola laboratorium prodi. Serta sejumlah 50 orang mahasiswa-mahasiswi yang hadir sangat antusias dengan materi yang disajikan narasumber karena menjadi pengetahuan dan pengalaman baru mereka dalam bidang fotografi.

Ketua APFI Babel sangat mengharapkan dengan kegiatan pelatihan fotografi yang digagas prodi Jurnalistik Islam dapat meningkatkan kualitas foto dari mahasiswa-mahasiswi dan bisa terbentuk komunitas fotografi di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Yudi Sulthan (panggilan akrabnya), mengungkapkan kampus-kampus lainnya sudah membuktikan manfaat dari keberadaan komunitas foto yang mampu meningkatkan citra dan promosi kampus. “Kita jangan terjebak dan manja dengan alat (kamera), karena yang terpenting adalah skill dasar foto yaitu pengaturan exposure (Speed,Diafragma dan Iso) serta komposisi dalam pengambilan objek. Karena foto yang bernilai seni juga mampu menjadi media promosi dan dakwah yang efektif”, ungkap Yudi Sulthan.

Ketua prodi Jurnalistik Islam juga mengharapkan mahasiswa-mahasiswi khususnya prodi Jurnalistik Islam semakin semangat kuliah dan mengasah kemampuannya di bidang Jurnalistik, kali ini dalam bidang fotografi. “Pengelola prodi sangat mendukung kegiatan-kegiatan pengembangan kompetensi atau skill mahasiswa-mahasiswi prodi yang bisa menjadi modal kelak di dunia kerja”,ungkap Amrullah,M.S.I dalam sambutannya. “Prodi Jurnalistik Islam akan terus berkolaborasi dan membangun komunikasi dengan pihak eksternal yang memiliki tujuan sama dengan prodi dalam rangka pengembangan kualitas mahasiswa-mahasiswi prodi Jurnalistik Islam”, ungkap Rafles Abdi Kusuma,M.A sebagai ketua pelaksana.

Peserta Coaching Clinic Photography prodi Jurnalistik Islam ini juga dihadiri dari mahasiswa-mahasiswi prodi lainnya seperti prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam,Akuntansi Syariah dan mahasiswa kampus lain. Antusias peserta ditunjukkan dengan banyaknya peserta yang aktif bertanya dan mereka juga mengumpulkan karya-karya foto yang dibedah oleh narasumber. Terbukti mahasiswa IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung menunjukkan minat fotografi yang baik. “Kami senang dengan diadakannya kegiatan ini dan sangat mengharapkan kegiatan seperti ini terus berlanjut dibuat prodi Jurnalistik Islam”, ungkap Savingil Anam mahasiswa prodi Jurnalistik Islam.

Penulis : Rafles Abdi Kusuma / Ayaknan
Editor : Turmuzi