Berita

Pemilu Raya Mahasiswa IAIN SAS Berlangsung Demokratis

Diposting oleh Administrator | Senin, 30 Desember 2019

Bangka, 23/12/2019. Komisi Pemilu Umum Mahasiswa (KPUM) gelar pesta demokrasi mahasiswa di Gedung Terpadu IAIN SAS Bangka Belitung pada Senin, 23 Desember 2019. Mahasiswa memilih satu diantara dua kandididat Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa yakni pasangan calon nomor 01 atas nama Rian Fernando - Genta, dan pasangan calon nomor 02 atas nama Wahyu Akmal - Uung Mabrur. Sedangkan untuk DEMA Fakultas Tarbiyah ada tiga kandidatCalon Ketua dan Wakil Ketua yaitu pasangan calon nomor urut 01 atas nama Maulian Dina – Sri Sugiarto, nomor urut 02 Andi M. Alamsyah-Susi, nomor urut 03 Ali Topan-Sukandi. Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam ada dua kandidat Calon Ketua dan Wakil Ketua DEMA FSEI, yaitu pasangan calon nomor 01 atas nama Abdul Aziz- Rusniati, dan pasangan calon nomor dua atas nama Melisa – Gery.

Calon Ketua dan Wakil Ketua DEMA Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam ada dua kandidat yaitu pasangan calon nomor urut 01 atas nama Zulpa Eka Putra – Elvianti, dan pasangan calon nomor urut 02 atas nama Eriyan – Nurhidayat. Serta untuk mahasiswa Fakultas Syariah dan Komunikasi Islam memilih ketua HIMA Prodi FSEI yang terdiri dari HIMA Prodi Perbankan Syariah, Akutansi Syariah, dan Hukum Keluarga Islam yang masing-masing memiliki duapasangan calon ketua HIMA Prodi.

Mahasiswa tampak sangat antusias untuk mengikuti rangkaian kegiatan pemilu raya mahasiswa yang telah dimulai dengan debat kandidat, kampanye dan sampai kepada pencoblosan pasangan calon. Seluruh kegiatan berlangsung dengan aman dan kondusif, hal ini terlihat dengan Imam Yudi Saputra sebagai salah seorang peserta
pemilumamengatakan, “Kalau terkait pemilu hari ini Alhamdulillah tahun ini diselenggrakan, dilihat dari antusias peserta rame sih sejak pukul 10 tadi.Sebagai mahasiswa ini merupakan salah satu kewajiban, karena mahasiswa memiliki tuntutan untuk pemimpin.Kalau golput artinya apatis dan mereka tidak bisa menuntut kegiatan kedepannya.”

Ia berharap siapapun yang terpilih nanti bisa mengemban amanah sesuai dengan visi dan misi yang mereka sampaikan jangan hanya sebatas janji palsu belaka.Saat diwawancarai (23/12) Thedie Syapitriansyaselaku Ketua pelaksana KPUM 2019 mengatakan bahwa Jumlah panitia KPUM institut berjumlah 19 orang.
“Alhamdulillah kegiatan kita hari ini berlangsung aman, lancar dan damai. Kami selaku panitia KPUM berharap hasil yang membuat kedua paslon, pendukung, dan tim sukses puas dan menerima tanpa ada kecurangan, pemilu yang adil sesuai slogan kami #2020mainbenar, jadi kami berharap siapa pun paslon yang menjadi pemenang nantinya dapat menepati janji kampanye, visi dan misi, serta permasalahan yang ada dikampus harus di selesaikan dengan serius.”

Ia juga mengharapkan semua civitas yang menjadi calon dan mahasiswa lain dapat mensupport rangkaian demokrasi, demi kemajuan dan berjaya nya kampus IAIN SAS.
Hasil akhir penghitungan yaitu Paslon nomor 01 mendapat 240 suara,dan Paslon 02 memperoleh 596 suara, sedangkan suara tidak sah ada 26 suara, dan tidak dicoblos 183 suara. Jumlah semua suara yaitu 1045 suara.

Penulis : Nurfadila / Ayaknan

Editor : Heleni