Berita

Yudisium Ke-I Pascasarjana di IAIN SAS Bangka Belitung Berlangsung Sukses

Diposting oleh Administrator | Selasa, 21 Januari 2020

Bangka (18/01/2020). IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung gelar Yudisium ke-I Program Pascasarjana Prodi Pendidikan Agama Islam yang dihadiri oleh Rektor yang diwakili oleh Wakil Rektor II, Direktur Pascasarjana, Wakil Direktur Pascasarjana, Kaprodi dan Sekprodi Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana, Dekan dan Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah, Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam yang diwakili oleh Wakil Dekan I, Dekan dan Wakil Dekan I Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, Ketua LP2M, Ketua LPM yang diwakili oleh Kasubbag LPM dan Kepala Unit TIPD.

Yudisium ini juga turut dihadiri oleh Bupati Bangka yang diwakili staff Ahli Bidang Perekonomian, anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan DPRD Kota Pangkalpinang, Ketua KPU dan Ketua BAWASLU, Kepala Biro UIN Syarif Hidayatullah, Kepala Biro UIN Raden Fatah Palembang, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kasubbag Kementrian Agama Bangka Belitung, dan para pendiri pondok pesantren Darul Abror dan Al-Islam Kemuja.
Yudisium perdana pascasarjana IAIN SAS Bangka Belitung diikuti oleh 49 Yudisiawan dan Yudisiawati yang berasal dari program studi Pendidikan Agama Islam. Ada empat kategori Yudisiawan dan Yudisiawati yang mendapatkan penghargaan, yaitu; 1. Lulusan Terbaik yang diraih oleh Darma, 2. Lulusan dengan IPK 4.0 diraih oleh Syahriawan dan Mastiana, 3. Yudisiawan Termuda, diberikan kepada Umar Hamdani berusia 27 tahun dan 4. Yudisiawan Tertua yaitu Ibu Kusumawati yang berusia 57 tahun.

“Terimakasih kepada semua pihak civitas akademika kampus atas suksesnya yudisium program pascasarjana pertama kalinya”, ujar Ruslan Abdul Gani selaku ketua pelaksana saat diwawancarai, Sabtu (18/01/2020).
Beliau berharap mahasiswa lulusan S1 bersemangat untuk mengikuti program pascasarjana di IAIN SAS Babel. Ini merupakan kali pertama yudisium sebagai langkah awal yang baik, dan semoga pascasarjana menghasilkan wisudawan yang berkontribusi, beradab dan berakhlak mulia. “Mari kita gunakan kesempatan ini dengan adanya program pascasarjana ini memberikan dorongan bagi yang selesai S1 untuk melanjutkan pendidikan S2.”

Dilain kesempatan Prof. Dr. H. Hatamar Rasyid, M.Ag dalam sambutannya menyatakan harapannya untuk para yudisiawan. “Orang yang paling berguna adalah orang yang paling bermanfaat bagi sesama. Apalah arti sebuah gelar kalau itu tidak bermanfaat bagi sesama.” Beliau juga menghimbau kepada peserta yudisium untuk melanjutkan S3. “Kalau mendapatkan izin dari pasangannya, suami atau isteri silahkan langsung lanjut S3”, tutupnya.

Darma sebagai lulusan terbaik Yudisium pertama pascasarjana IAIN SAS Bangka Belitung mengucapkan rasa syukurnya dan ucapan terimakasihnya saat memberikan sepatah dua patah kata. “Saya mengucapkan syukur alhamdulillah atas penghargaan ini, semoga kita selalu dalam rahmat dan keberkahNya. Terimakasih kepada ibunda saya, semoga ibu saya diberikan kesehatan panjang umur dan berkah hidupnya, para dosen, guru, dan teman-teman semua, dan segenap civitas IAIN SAS Bangka Belitung”.

Beliau mengakui sangat bangga dengan para dosen di IAIN SAS Bangka Belitung yang memiliki integritas dan profesional tinggi, dan tenaga kependidikan yang humble dan tidak menghambat pelayanan kepada mahasiswa.
“Hari ini bukanlah akhir untuk berjuang, tapi hari ini adalah awal kita untuk masa depan. Semoga kita berguna bagi nusa dan bangsa. Semoga jadi inspirasi bagi keluarga dan generasi selanjutnya. Wisudawan silahkan berkarya, jangan lupa almamater. Selamat kepada kita semua semoga sukses dalam berkarya.” Tegasnya penuh semangat.

Penulis : Nurfadila /Mega Farayannie /Ayaknan
Editor : Turmuzi