Berita

BPS Goes To Campus Hadir di IAIN SAS BABEL

Diposting oleh Administrator | Selasa, 25 Februari 2020

Bangka (24/02/2020)-Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berikan Sosialisasi Sensus Penduduk Online tahun 2020 kepada para Dosen, Pegawai, dan Mahasiswa IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Gedung Terpadu mulai pukul 09.30 WIB yang turut dihadiri oleh Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangka, beserta jajarannya.

Kepala Biro AUAK IAIN SAS Babel, Drs. H. Tumiran Ganefo, M.H. membuka acara tersebut dan berharap kegiatan sosialisasi ini memberikan dampak positif bagi banyak kalangan, “mudah-mudahan pertemuan ini memberikan dampak positif dalam sensus penduduk tahun 2020. Setelah mendapatkan pembekalan ini, saya berharap kita semua ikut mensosialisasikan ini keseluruh keluarga di lingkungan kita dengan baik.Harapannya, mudah-mudahan ini adalah cara yang tepat untuk meringankan tugas negara dalam rangka sensus penduduk online”.

Tujuan dari Sensus penduduk 2020 (SP2020) adalah untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk indonesia. “sensus penduduk tahun 2020 ini tidak hanya bermanfaat bagi pemerintah atau negara sajatetapi bermanfaat bagi kebutuhan selutuh tingkatan stakeholders. Kita dapat memperoleh data hingga ke level paling rendah hingga data desa yang berjumlah 84000 desa, untuk memperoleh data menurut karakteristik dan distribusinya, jenis kelamin, persebaran menurut tempat tinggal, baik pedesaan maupun perkotaan”, ungkap Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sensus penduduk 2020 (SP2020) adalah sensus penduduk pertama yang memanfaatkan data registrasi penduduk dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dalam rangka menuju Satu Data Kependudukan. SP2020 ini berlangsung sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Petugas sensus penduduk akan mendata masyarakat yang tidak mengisi sensus online pada Juli 2020.

Para peserta sosialisasi sensus penduduk online tahun 2020 ini sangat antusias terhadap pemaparan materi yang terlihat dari banyaknya peserta yang memberikan pertanyaan yang dijawab langsung oleh pemateri. Sensus penduduk dilaksanakan setiap 10 tahun sekali di tahun yang berakhiran angka 0 dan telahdilaksanakan sebanyak 6 (enam) kali. Sensus penduduk 2020 (SP2020) adalah sensus penduduk ke-7 yang dilaksanakan di Indonesia.

Tata cara sensus penduduk online terdiri dari empat tahap, yaitu mempersiapkan data yang diperlukan (NIK dan KK), megakses halaman sensus.bps.go.id dari gadget yang terhubung denganjaringan internet, update data kependudukan, dan terakhir adalah menyimpan data. Sosialisasi ini diakhiri dengan pengisian sensus penduduk online yang langsung didampingi oleh tim dari Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Penulis : Mega Parayannie / Ayaknan
Fotografer : Mega Parayannie
Editor : Turmuzi