Berita

Wakil Rektor I Hadiri Penyerahan Rekor MURI dan Rapat Kelulusan UM-PTKIN 2020

Diposting oleh Administrator | Sabtu, 22 Agustus 2020

Jakarta (IAINSAS) – Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag. selaku Wakil Rektor I (Bidang Akademik dan Kelembagaan) mewakili Rektor IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung hadir secara langsung dalam rangkaian acara Malam Anugerah Pemberian Penghargaan, Penyampaian Rekor MURI dan Rapat Kelulusan UM-PTKIN 2020 di Hotel Harris Vertu, Jakarta Pusat. Acara yang dilaksanakan mulai 21-23 Agustus 2020 turut dihadiri oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Kepala Daerah, Rektor/Ketua PTKIN se-Indonesia, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, dan tamu undangan lainnya. Sedangkan Tim TIK IAIN SAS Bangka Belitung hadir secara daring untuk pelaksanaan teknis kelulusan UM-PTKIN 2020.

Menteri Agama membuka acara yang dilanjutkan dengan memberikan penghargaan kepada para Kepala Daerah yang dinilai peduli terhadap perkembangan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Penghargaan juga diberikan kepada Mitra Pendukung Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Ujian Masuk (SPAN-UM) PTKIN, dan PTKIN dengan pendaftar tertinggi baik dari Jalur SPAN-PTKIN maupun UM-PTKIN.

Selanjutnya panitia nasional UM-PTKIN menerima Rekor MURI dengan kategori peserta terbanyak yang mengikuti ujian secara daring tahun 2020. Penghargaan diberikan oleh perwakilan MURI, Triyono kepada Ketua Panitia Nasional UM PTKIN yang juga Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Mahmud.

Dalam kesempatan lain Wakil Rektor I yang sempat diwawancarai melalui WhatsApp menerangkan, “tahun ini ditengah kondisi COVID-19, proses seleksi dan ujian di PTKIN mulai dari SPAN hingga UM-PTKIN berjalan lancar walaupun dilakukan secara daring, sejarah telah membuktikan supremasi tersebut. Khususnya di IAIN SAS Bangka Belitung, jumlah calon mahasiswapun meningkat dari tahun ke tahun. Ini merupakan titik tolak peradaban yang penting menuju lembaga pendidikan tinggi yang kuat di kepulauan ini”, terangnya.

Jumlah pendaftar UM-PTKIN di IAIN SAS Bangka Belitung terus meningkat, pada tahun 2019 berjumlah 418 orang pendaftar dan tahun 2020 sebanyak 499 orang pendaftar atau dengan persentase kenaikan sebesar 16,23 persen. Sejalan dengan jumlah seluruh pendaftar UM-PTKIN yang juga terus meningkat dari tahun ke tahun. Pendaftar UM-PTKIN pada tahun 2019 berjumlah 122.981 orang, dan tahun 2020 sebanyak 155.982 orang.

"Alhamdulillah kita bersyukur meskipun situasi dan suasana COVID-19, ternyata tidak mengurangi peminat yang mendaftar ke PTKIN kita baik melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) maupun UMPTKIN" ungkap Menteri Agama dalam pembukaan FGD kelulusan UM-PTKIN 2020.

Sementara hasil rapat keputusan UM-PTKIN 2020 secara Nasional akan diumumkan pada 24 Agustus 2020, dilanjutkan dengan daftar ulang di IAIN SAS Bangka Belitung mulai 26 Agustus sampai 6 September 2020, dan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) mulai 8 sampai 28 September 2020.

Setelah berakhirnya seleksi Jalur UM-PTKIN 2020 masih ada satu jalur masuk lagi di IAIN SAS Bangka Belitung yaitu Jalur Mandiri, dimana pendaftaran telah dimulai sejak 6 Juli – 30 Agustus 2020. Pendaftaran Jalur Mandiri juga dilakukan secara daring (online), mulai dari mengisi formulir pendaftaran, membayar biaya pendaftaran hingga mengupload nilai rapor. Bagi para lulusan SMA/SMK/MA sederajat yang ingin mendapatkan informasi dan mendaftar melalui Jalur Mandiri bisa mengunjungi laman https://iainsasbabel.ac.id


Penulis: mega
Editor: muzi