Berita

Diumumkan Hari Ini, PMB Jalur Mandiri Terima 360 Calon Mahasiswa Baru

Diposting oleh Administrator | Jumat, 04 September 2020

Bangka (IAINSAS) - Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jalur Mandiri telah ditutup dan peserta yang lolos seleksi PMB Jalur Mandiri telah diumumkan hari ini, 4 September 2020 di website resmi IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Tercatat sebanyak 517 pendaftar di Jalur Mandiri dari berbagai sekolah dan daerah namun hanya 360 peserta yang berhasil lulus seleksi Jalur Mandiri tahun ini.

“Masih banyak sekali yang ingin mendaftar di Jalur Mandiri, tetapi karena pendaftaran sudah ditutup jadi mereka gak bisa daftar lagi”, ungkap salah satu panitia PMB Mandiri, Komariah. Pendaftaran Jalur Mandiri 2020 ditutup pada 30 Agustus 2020 lalu dan kelulusan diumumkan pada 4 September 2020. “sampai tanggal 3 September 2020 pun masih ada aja yang mau daftar Jalur Mandiri, ada yang baru mau bayar biaya pendaftaran, tapi semua sudah terlambat. Tidak ada perpanjangan pendaftaran lagi” lanjut Komariah.

Pada tahun ini program studi yang paling diminati pada Fakultas Tarbiyah yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam yaitu Psikologi Islam, dan pada Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam yaitu Perbankan Syariah (PS) . Adapun rincian peserta yang lulus seleksi jalur mandiri sebagai berikut:

Fakultas Tarbiyah: Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) 97 orang, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) 25 orang, Prodi Tadris Bahasa Inggris(TBI) 13 orang, Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) 20 orang dan Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam(BKPI) 26 orang.

Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam: Prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) 22 orang, Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) 20 orang, Prodi Jurnalistik Islam 4 orang dan Prodi Psikologi Islam 30 orang.

Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam: Prodi Perbankan Syariah (PS) 57 orang, Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) 25 orang dan Prodi Akuntansi Syariah (AKS) 21 orang.

Setelah diumumkannya kelulusan PMB Jalur Mandiri ini, yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa adalah registrasi ulang mulai 4-13 September 2020, membayar Uang Kuliah Tanggal (UKT) mulai 15-30 September 2020. Setelah berhasil membayar UKT selanjutnya calon mahasiswa dapat melihat Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan melengkapi biodata hingga 30 September 2020. Semua dilakukan secara daring/online melalui laman aplikasi e-campus.iainsasbabel.ac.id.

Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung mulai dari Jalur SPAN-PTKIN, Jalur UM-PTKIN dan Jalur Mandiri ditengah pandemi COVID-19, semua prosesnya dilakukan secara online mulai dari pendaftaran, pengumpulan dan seleksi berkas, ujian, registrasi ulang hingga membayar UKT, semua dilakukan secara online. Tidak ada lagi calon mahasiswa yang datang ke kampus membawa-bawa berkas, tidak ada lagi verifikasi yang menggunakan banyak kertas. Seperti yang diungkapkan oleh Staf Subbag AAK Rektorat, Prayudi, “ditengah pandemi ini, penerimaan mahasiswa baru semua jalur dan semua proses kita lakukan secara online, alhamdulillah jadi paperless, calon mahasiswa tidak mengeluarkan biaya cetak lagi, begitu juga kami (panitia)”. "Kami menghimbau kepada peserta yang lulus seleksi untuk mencermati dan mentaati tahapan-tahapan lainnya yang telah ditetapkan oleh kampus, terutama ketentuan persyaratan untuk melakukan registrasi ulang, membayar UKT dan melengkapi biodata sesuai jadwal yang sudah ditentukan," tuturnya.

Kami ucapkan selamat kepada peserta yang telah lulus, dan jangan lupa untuk menyelesaikan tahapan selanjutnya. Menjadi bagian dari IAIN SAS Bangka Belitung merupakan sebuah kesempatan terbaik untuk menuntut ilmu, mempersiapkan diri masuk ke dunia kerja dan kompetisi global. Selamat bergabung dan semoga berproses dengan baik sebagai mahasiswa IAIN SAS Bangka Belitung,” tutupnya.


Penulis: Mega & Toha
Editor: Muzi