Berita

Pesan Kepala Biro AUAK Kepada Peserta SKB CPNS

Diposting oleh Administrator | Minggu, 13 September 2020

Bangka (IAINSAS) – Seleksi Kompetensi Bidang Calon Pegawai Negeri Sipil (SKB CPNS) Formasi Tahun 2019 Kementerian Agama Republik Indonesia akan dilaksanakan serentak mulai 14-20 September 2020 pada semua satuan kerja. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, SKB CPNS ini dilakukan secara daring (online) menggunakan Zoom Meeting dikarenakan Pandemi COVID-19.

“Pelaksanaan SKB perdana secara daring tahun ini, kalau tahun-tahun sebelumnya secara luring. Sesuatu yang tidak mudah, tetapi bukan sesuatu yang mustahil”, ungkap Isni salah satu panitia CPNS IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung sebagai penyemangat bagi para peserta seleksi.

Seleksi secara daring ini dilaksanakan di beberapa lokasi satuan kerja di bawah Kementerian Agama, yaitu di Kantor Wilayah Kementerian Agama Bangka Belitung, MAN 1 Pangkalpinang, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Sungailiat. Sedangkan para penguji berada di satu titik lokasi yaitu di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung yang menggunakan beberapa ruangan untuk menjaga kondusifitas seleksi dan menjaga fokus peserta dan penguji.

Pada rapat persiapan SKB CPNS, para tim penguji telah melakukan uji coba guna mematangkan penguasaan penggunaan Zoom Meeting dan penyesuaian dengan waktu seleksi. Dalam kesempatannya Tumiran, Kepala Biro AUAK menyampaikan apa-apa saja yang harus disiapkan oleh Tim penguji, “karena ini sistem baru, daring yang pertama kalinya, ada sebuah situasi yang tidak bisa kita hindari yaitu penguasaan IT karena semua berbasis/mengoperasikan komputer/laptop, seleksi menggunakan Zoom Meeting. Juga dalam hal pertanyaan dan jawaban ketika seleksi yang dibatasi oleh waktu, contohnya ketika wawancara sebanyak 15 soal, diberi waktu 30 menit. Jika tidak selesai akan didiskualifikasi dan itu menimbulkan persoalan baru karena sistemnya akan diblok , begitu juga dengan praktik kerja. Untuk itu kita harus segera menyesuaikan, itulah perlunya kita uji coba pada hari ini”.

Tidak hanya kepada tim penguji, Kepala Biro AUAK juga memberikan pesan kepada para peserta SKB CPNS IAIN SAS Bangka Belitung, “kepada peserta, agar betul-betul membaca secara seksama tata tertib dan perlengkapan bagi peserta dalam mengikuti tes tersebut. Karena bukan hanya penguji saja tapi peserta pun harus menguasai IT, dapat mengoperasikan Zoom Meeting, mengetahui jadwal dan lokasi seleksi. Pastikan kita menjaga kesehatan dan tetap patuhi protokol kesehatan agar terhindar dari pandemi ini. Ingat, kesempatan tidak datang berkali-kali, pastikan dan berikan yang terbaik dalam seleksi ini”.

“Kepada penguji dan peserta, ini adalah formulasi yang mau tidak mau harus kita laksanakan. Oleh karena itu, ambil hikmah yang positif seraya berdoa semoga lancar dalam pelaksanaan tidak ada halangan atau terkendala sinyal dan jaringan internet, karena itu semua faktor eksternal dan diluar kemampuan kita”, tutup Tumiran.


Penulis: Mega
Editor: Muzi