Berita

Masa Pandemi, IAIN SAS Bangka Belitung Gelar SKB CPNS Online

Diposting oleh Administrator | Kamis, 17 September 2020

Bangka.17/8/2020. Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung menggelar Ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)Formasi tahun 2019 secara online.

Berdasarkan jumlah peserta SKB diikuti oleh 65 peserta dari berbagai wilayah yang terdiri dari 50 Dosen dan 15 tenaga kependidikan. Mereka akan mengisi formasi JFT Dosen, JFT Perencana, JFT Pengelola Barang/Jasa, dan JFT Pustakawan.

Kasubbag Administrasi Umum dan Kepegawaian IAIN SAS Bangka Belitung Inggi Irandy,S.Kom,.M.M yang juga bertindak selaku koordinator Panitia Satuan KerjaPelaksanaan SKB mengatakan kegiatan ini berjalan tertib dan lancar pada hari pertama pelaksanaan.

Ia menjelaskan, pelaksanaan SKB tersebut merupakan tindak lanjut dari mandat yang disampaikan oleh Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI, melalui Pengumuman Nomor: P-3308/SJ/B.II.2/KP.00.2/09/2020, tentang Jadwal dan Lokasi Pelaksanaan SKB CPNS Formasi Tahun 2019 Kemenag RI Tahun Anggaran 2020.Dilanjutkannya, pelaksanaan SKB tersebut dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Kemenag Pusat, yang dibagi dalam beberapa sesi, antara lain :

Praktik kerja : 14 – 17 September 2020, mulai pukul 07.30 WIB.
Psikotes : 18 September 2020, mulai pukul 07.30 WIB.
Wawancara : 19 – 22 September 2020, mulai pukul 07.30 WIB

Peserta SKB dengan formasi ahli pertama apa tenaga kependidikan dan formasi Dosen dengan rincian sebanyak 31 formasi dan 33 kursi yang diperebutkan oleh 65 peserta SKB CPNS IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.Tes SKB inidilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting untuk mengurangi tertularnya COVID-19.

Pesertates SKB tersebut tersebar pada beberapa titiklokasi (tilok). Pemilihan tilok ini berdasarkan domisili atau lokasi terdekat peserta agar memudahkan peserta dalam menjangkau lokasi tes.Selama tes SKB berlangsung, tidak ada kendala yang berarti.Zahwan Zaki,M.AB salah satu tim penguji berharap tes SKB secara daring ini dapat berjalan dengan lancar dan tentunya menghasilkan lulusan CPNS yang kompeten dibidangnya masing-masing.

“Di masapandemi, tes SKB secara daring merupakan salah satu pilihan. Dalam artian, salah satu cara untuk menjaga dari tertularnya COVID-19. Walaupun dalam pelaksanaannya bisa saja terjadi kendala atau hambatan terkait jaringan dan perlengkapannya”, tambahnya.

Rektor IAIN SAS Bangka Belitung, Dr.Zayadi,M.Ag juga sempat memantau pelaksanaan SKB ini. Dan beliau pun sempat memberikan apresiasi kepada seluruh peserta dan panitia, karena berdasarkan hasil pengamataan beliau, pelaksanaan SKB ini telah berjalan dengan tertib dan lancar,” tutur Beliau

Ia berharap, SKB CPNS Kemenag ini pun dapat berjalan dengan baik tanpa adanya kendala yang berarti hingga hari terakhir pelaksanaannya nanti, agar dapat terpilih CPNS yang benar-benar handal dan berkompeten di bidangnya, sehingga dapat semakin memperkuat pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing sebagai ASN.

Penulis : Mega Farayannie / Ayaknan
Editor : Inggi Irandy