Berita

Pelepasan KKN Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam

Diposting oleh Administrator | Kamis, 17 September 2020

Bangka (IAINSAS) - Mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) IAIN SAS Bangka Belitung menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) di 13 Kelurahan dan Desa yang ada di Kabupaten Bangka dan Kota Pangkalpinang, salah satunya adalah di Desa Petaling Banjar.

Pelepasan mahasiswa KKN secara resmi dilakukan oleh pihak kampus kepada pihak Pemerintah Desa, bertempat di kantor Desa Petaling Banjar yang diwakili oleh Rudi Hartono, M.S.I. Kegiatan ini dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Desa Petaling Banjar Reski Anwar, M.H., Perangkat Desa Kasi Pelayanan Novidah, M.Pd., Pendamping Lokal Desa dari KEMENDES PDTT Evi Mirza Gautari, Anggota BPD Yustrisno, dan juga turut dihadiri oleh Kepala Dusun I Syahrul Azwar, Kepala Dusun II M. Hudawi, Kepala Dusun III M. Ridwan dan Kepala Dusun IV Zarkasi.

Dalam sambutannya, Reski Anwar, M.H. selaku DPL Desa Petaling Banjar mengatakan, mahasiswa yang terjun ke Desa Petaling Banjar sebanyak 13 orang yang terdiri dari tiga program studi, diantaranya 10 mahasiswa dari Perbankan Syariah (Sulasmi, Ilham Fatjri, M. Rafly Reynaldi, Feni Wulandika, Liana, Nadia Selpiyanti, Perli Sadria, Rita, Sri Wahyuni, dan Umi Agesti), 2 mahasiswa Akuntansi Syariah (Riski Ananda Putri dan Siti Patimah) dan 1 mahasiswa Hukum Keluarga Islam (Dika Pebrianto). Ia juga berterimakasih kepada pihak Desa Petaling Banjar yang sudah menerima kedatangan mahasiswa KKN ini, KKN tahun ini sungguh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat di situasi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Pelaksanaan KKN kali ini dilakukan mulai tanggal 16 September 2020 sampai 16 Oktober 2020.

Ia pun merasa optimis mahasiswa/i-nya mampu memberikan sumbangsih yang terbaik dalam pelaksanaan KKN tahun ini. “Tetap semangat walaupun pelaksanaan KKN tahun ini berbeda dangan tahun-tahun sebelumnya,” ucapnya.
Hal senada pun diutarakan oleh Novidah, M.Pd. Kasi Pelayanan yang mewakili Kepala Desa. Ia mengatakan, walaupun KKN tahun ini terbatas dalam ruang gerak, mahasiswa harus tetap semangat dalam pengabdian kepada masyarakat setempat. Novidah juga menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan profil desa secara umum kepada mahasiwa agar bisa memanfaatkan serta menggali potensi yang ada di Desa Petaling Banjar.

Dika Febrianto selaku Ketua Umum KKN FSEI Desa Petaling Banjar mengatakan, “walaupun dengan keterbatasan ruang gerak di tengah pandemi COVID-19, timnya tetap berkeyakinan kuat bisa menyukseskan KKN tahun ini dengan memaksimalkan waktu dan kerjasama yang solid agar bisa menjalankan program KKN, serta diharapkan dapat mencegah penularan COVID-19 di desa tersebut. Untuk bisa melihat perkembangan kegiatan KKN kami, bisa diakses melalui instagram @kkn_desapetalingbanjar2020. Segala bentuk masukan berupa saran atau kritikan bisa disampaikan pada akun tersebut, insya Allah nanti akan kami tanggapi”, pungkasnya.

Selanjutnya tim berkenalan dengan pemuda-pemudi organisasi yang sudah aktif beroperasi di Desa Petaling Banjar yaitu Karang Taruna GASPALAS (Gelora Semangat Pahlawan Dua Belas). Dalam pertemuan ini mahasiswa KKN FSEI dan Karang Taruna GASPALAS membahas tentang daerah perbatasan Desa Petaling Banjar, kemudian mahasiswa KKN FSEI diarahkan ke daerah perbatasan Desa Petaling Banjar dan ke tempat pembuatan kopi asli Petaling Banjar.


Penulis: Riski /Mega Farayannie /Ayaknan
Editor: Muzi