Berita

Terjadi Kendala Pada Sistem dan Jaringan, Ujian Psikotes CPNS Kemenag Dijadwalkan Ulang

Diposting oleh Administrator | Senin, 21 September 2020

Bangka,18/9/2020. Pelaksanaaan ujian Psikotes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Agama Formasi Tahun 2020 yang dilaksanakan serentak di seluruh titik lokasi, pada Jum’at tanggal 18 September 2020 mengalami kendala pada sistem dan jaringan. Psikotes dimulai pada pukul 07.30 s.d. 09.30 WIB.Psikotes adalah bagian dari SKB CPNS Kementerian Agama selain tes Praktik Kerja dan Wawancara.

SKB dengan materi Psikotes Kemenag RI pada satker IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung diikuti sebanyak 64 dari total 66 orang peserta yang terverifikasi mengikuti Psikotest.Tempat ujian peserta Psikotest IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung tersebar pada 20 titik lokasi lintas provinsi, sebagian besarpeserta berada pada tilok MAN Pangkalpinang dan MTsN Sungailiat.

Psikotes berlangsung selama 120 menit untuk menjawab pertanyaan sebanyak 129 soal dengan system CBT. Login pada server menggunakan NIK sebagai user name dan nomor peserta sebagai passwordnya.Selama berlangsungnya Psikotes, terdapat kendala yang sangat berarti hingga membuat panik para peserta yang khawatir waktu mengerjakan soal mereka berkurang. Kendala yang dihadapi oleh para peserta diantaranya adalah tidak bisa melanjutkan ke soal berikutnya, muncul notif pada komputer ‘ujian selesai’ padahal waktu mengerjakan seharusnya masih lama, login error, beberapa soal dan pilihan jawaban tidak muncul, tidak dapat merubah jawaban, dll.

Kendala yang dialami ini bukan lah kendala di satu titik lokasi saja, tetapi kendala secara nasional.“Soal gambar figural tidak otomatis keluar, mesti log out dulu baru muncul soalnya.Tapi belum tentu setelah log out langsung semua gambar jawabannya muncul juga, jadi harus log out berulang kali. Selain itu koneksi untuk melanjutkan itu lambat jadi harus nunggu warna indikator biru dulu di nomer pertanyaan, kadang tidak cukup sekali jadi harus gonta ganti jawaban dulu baru terkoneksi lagi, ini bisa membuang waktu”, ungkap Siska, salah satu peserta Tes SKB CPNS.

Tidak seperti tes Seleksi Kemampuan Dasar sebelumnya, tidak ada kendala yang berarti pada server yang digunakan. Waktu berjalan sesuai dengan semestinya, jika tes selesai jawaban akan terkunci otomatis dan jawaban yang tersimpan sesuai dengan jawaban akhir yang dipilih. “waktunya tidak sinkron, ada yang tidak berjalan juga. Setelah klik selesai, peserta bisa mengulang atau log in lagi untuk memperbaiki jawaban, tidak terkunci otomatis. Selain itu, jawaban yang tersimpan tidak sesuai dengan jawaban yang dipilih”, tambah Siska.

Atikah Dewi Utami, peserta CPNS pada satker IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung berharap jadwal Psikotes dibagi menjadi beberapa sesi guna mengulangi kesalahan yang sama, “Kalo bisa jadwal psikotes dibagi jadi beberapa sesi supaya kejadian hari ini dak terulang lagi. Karna kurang efektif tes digabung jadi 1 seluruhnya.Mengingat ada beberapa tilok yang kondisi jaringannya kurang stabil”.

Oleh karena terdapat kendala teknis psikotes secara nasional, dilakukan penjadwalan ulang pada tanggal 03 Oktober 2020.Penjadwalan ulang tersebut disampaikan Kepala Sub Administrasi Umum dan Kepagawaian IAIN SAS Bangka Belitung Inggi Irandi,S.Kom.,M.M yang juga merupakan Koordinator Panitia Lokasi Tes CPNS IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.

Keputusan penjadwalan ulang ujian psikotes tersebut dipastikan setelah pihaknya menerima Surat Pengumuman dari Inspektorat Jenderal Kemenag Pusat, Nomor : P 3527/SJ/B.II.2/09/2020, tentang Penjadwalan Ulang Pelaksanaan Psikotes CPNS Formasi Tahun 2019 Kemenag RI Tahun Anggaraan 2020. Dalam pengumuman tersebut juga dijelaskan, penjadwalan ulang terjadi dikarenakan terjadi kendala pada sistem dan jaringan pada seluruh titik lokasi ujian psikotes.

Penulis : Mega Farayannie / Ayaknan
Fotografer: Mega Farayannie
Editor : Inggi Irandi