Berita

IAIN SAS Bangka Belitung Gelar Wisuda Drive Thru Ditengah Pandemi

Diposting oleh Administrator | Senin, 05 Oktober 2020

Bangka (IAIN) – Pandemi COVID-19 masih terus menghantui Indonesia, bahkan Dunia. Banyak sekali kegiatan yang dibatasi, ditunda, hingga dibatalkan. Seperti halnya Wisuda IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung yang seharusnya dilaksanakan pada Maret 2020. Akhirnya, pada Selasa, 22 September 2020 IAIN SAS Babel mengadakan WIsuda Ke-II Program Pascasarjana dan Sarjana dengan Tema Institusionalisasi PTKIN untuk Lahirkan Generasi Berperadaban di Era 4.0. WIsuda ini telah mendapat persetujuan dari tim Gugus Tugas Kabupaten Bangka dan dilaksanakan secara Drive Thru dengan mematuhi protokol COVID-19.

Semua peserta WIsuda Ke-II Program Pascasarjana dan Sarjana telah diukur suhu tubuhnya sejak awal masuk gerbang IAIN SAS Babel, mencuci tangan, menjaga jarak dan wajib menggunakan masker. Begitu juga dengan para Senat dan Panitia Wisuda.Pada Wisuda ke-II ini, terdapat sebanyak 408 peserta wisuda dari pascasarjana dan fakultas. Sebanyak 65 peserta Program Pascasarjana, sedangkan Program Sarjana sebanyak 343 peserta wisuda. Fakultas Tarbiyah sebanyak 226 peserta, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam sebanyak 29 peserta, dan dari Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam sebanyak 88 peserta.

Sebelum upacara pemindahan kuncir toga, diadakan Acara Sidang Terbuka Senat IAIN SAS Babel yang hanya dihadiri oleh Para Senat, beberapa tamu undangan, Wisudawan/wisudawati Terbaik Pascasarjana dan Fakultas beserta orang tua demi mematuhi protokol COVID-19.

Sejak transformasi dari STAIN ke IAIN, jumlah mahasiswa terus meningkat. Seperti yang diungkapkan oleh Rektor IAIN SAS Babel, Dr. Zayadi, M.Ag. dalam kesempatannya “IAIN sejak bertransformasi dan 2 tahun menjadi IAIN, jumlah mahasiswa menjadi jauh meningkat. Ini adalah sebuah prestasi yang sangat membanggakan dan signifikan dimana sekarang jumlah mahasiswa kita kurang lebih 3500 mahasiswa”.

Seiring dengan transformasi dan bertambahnya jumlah mahasiswa, IAIN SAS Babel juga terus berbenah demi memajukan Institusi ini di era 4.0 yang menuntut perubahan untuk terus memperkaya wawasan pengetahuan khususnya terkait informasi dan teknologi di era digitaisasi.

“selamat atas prestasi yang diraih oleh wisudawan dan wisudawati terbaik kita. Terimakasih juga kepada orang tua/wali semua yang telah mempercayakan pendidikan anaknya kepada kami, IAIN SAS Babel. Pada hari ini Bapak/Ibu semua telah menyaksikan keberhasilan anak Bapak/Ibu atas lulusnya, berhasilnya melewati jenjang Perguruan Tinggi Sarja dan Pascasarjana”, tambahnya.

Tak lupa, Zayadi menyampaikan pesan kepada para wisudawan/wisudawati, “jangan lupa untuk tetap harus berbuat baik kepada orang tua, karena orang tua telah berbuat apa saja demi keberhasilan anak-anak semua hingga sukses sampai titik ini. Kalian semua sudah kami didik dengan berbagai teori dan praktik, untuk itu para wisudawan dan wisudawati semua harus merasa bangga karena telah menjadi alumni Perguruan Tinggi IAIN SAS Babel. Kenanglah nama IAIN dengan kebaikan dan jagalah nama baik institusi kita ini dengan prestasi positif diliar sana”.Sidang Terbuka Senat IAIN ditutup dengan Orasi Ilmiah yang berjudul Institusionalisasi PTKIN dalam Melahirkan Generasi Berperadaban di Era 4.0 oleh Dr. Wulpiah, M.Ag.

WIsuda ke-II IAIN SAS Babel ini dilaksanakan dengan system Drive Thru dimana para wisudawan/wisudawati mengantri dengan kendaraan masing-masing, turun dari kendaraan ditempat yang disediakan, pemindahan kuncir dan pemberian ijazah kepada para wisudawan/wisudawati saja, tidak ada kontak fisik seperti bersalaman atau sentuhan dalam bentuk lain. Hal ini dilakukan demi ikut memutus rantai penyebaran COVID-19.

Selama Wisuda Drive Thru berlangsung, berbagai macam kendaraan yang dibawa oeh para wisudawan/wisudawati, diantaranya adalah mobil pribadi, mobil angkot, motor ninja hingga motor matic, disamping itu juga ada wisudawan yang menggunakan sepeda lipat yang telah dihias sebelumnya.Wisuda Drive Thru IAIN SAS Babel didalam masa pendemi ini secara keseluruhan berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala yang berarti.


Penulis : Mega Paraiyannie