Berita

Irjen laksanakan tugas dengan baik di IAIN SAS Babel

Diposting oleh Humas | Jumat, 13 November 2020

Bangka (IAINSAS)-Tim Audit Tugas & Fungsi dari Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia hadir di Lingkungan IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Dalam rangka menilai keberhasilan pelaksanaan tugas dan fungsi satuan kerja (satker) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung maka telah dilaksanakan audit kinerja penyelenggaraan Tugas dan Fungsi Tahun Anggaran 2019 yang dimulai sejak Hari Senin hingga Jumat, 02 - 12 November 2020 sesuai dengan surat tugas Nomor 1347/IJ/09/2020 bagi Tim I dan Nomor 1348/IJ/09/2020 bagi Tim II.
Tim Audit Tugas & Fungsi Irjen Kemenag RI berjumlah 10 orang yang terbagi menjadi dua Tim yang akan menilai tugas dan fungsi pegawai di lingkungan IAIN SAS Babel. Penilaian dilakukan melalui 3 aspek, yakni Aspek Ekonomis, Aspek Efisiensi dan Aspek Efektifitas. Ekonomis yaitu meminimalkan perolehan sumber daya input yang akan digunakan dalam proses, namun tetap menjaga kualitas sejalan dengan prinsip dan praktik administrasi yang sehat dan kebijakan satuan kerja. Aspek Efisiensi bertujuan untuk menghasilkan output maksimal (kualitas kinerja lebih baik) dengan jumlah input sumber daya yang sama atau menghasilkan output yang sama dengan memanfaatkan input sumber daya minimal. Sedangkan Aspek Efektifitas mengacu kepada hubungan antara outcome yang harus sesuai dengan output atau tujuan yang telah ditetapkan satuan kerja, semakin besar outcome yang dicapai, maka kinerja satuan kerja semakin efektif.
Ada empat fungsi ruang lingkup audit, yaitu fungsi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan, serta pencapaian hasil/outcome. Audit tidak hanya menilai laporan keuangan saja tetapi juga kinerja satuan kerja, pegawai, lingkungan tempat bekerja, baik jajaran atas maupun bawah. Penyelenggaraan tata persuratan serta SOP yang harus terus diperbaharui agar dapat mengatur dan menjadi dasar yang membantu mengatur kelancaran setiap kegiatan institusi serta pelaksanaan evaluasi yang terus dilakukan secara sitematis.
Hasil Audit Tugas & Fungsi Pada IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Tahun Anggaran 2019 tidak hanya ditanggapi oleh Institusi tetapi juga akan dilaporkan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Islam agar dapat ditentukan langkah-langkah selanjutnya serta perbaikan apa yang akan dilakukan agar menjadi masukan dalam penyelenggaraan manajemen isnstitusi yang lebih baik.
Total Nilai Rata-rata yang diperoleh oleh IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung berdasarkan Hasil Audit Tugas & Fungsi yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia adalah 72,983 (cukup).
Zayadi, Rektor IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Babel berterimakasih kepada Tim Inspektorat Jenderal yang telah melaksanakan tugas dengan sangat baik dan berharap adanya peningkatan kinerja pada lingkungan IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.

Penulis : Mega Paraiyannie