Berita

IAIN Hadirkan Karo Perencanaan Kemenag dalam Raker Penyusunan Anggaran

Bangka (IAINSAS)-Beberapa bulan menuju tahun 2021, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung adakan Rapat Kerja Penyusunan Anggaran Tahun 2021... Baca Selengkapnya

PBAK IAIN SAS BANGKA BELITUNG GELAR SECARA VIRTUAL

Bangka (IAINSAS)-IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung telah melaksanakan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun Ajaran... Baca Selengkapnya

IAIN SAS Bangka Belitung Gelar Wisuda Drive Thru Ditengah Pandemi

Bangka (IAIN) – Pandemi COVID-19 masih terus menghantui Indonesia, bahkan Dunia. Banyak sekali kegiatan yang dibatasi, ditunda, hingga... Baca Selengkapnya

Terjadi Kendala Pada Sistem dan Jaringan, Ujian Psikotes CPNS Kemenag Dijadwalkan Ulang

Bangka,18/9/2020. Pelaksanaaan ujian Psikotes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Agama Formasi Tahun 2020 yang dilaksanakan serentak di... Baca Selengkapnya

Pelepasan KKN Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam

Bangka (IAINSAS) - Mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) IAIN SAS Bangka Belitung menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) di 13 Kelurahan... Baca Selengkapnya

Unit Perpustakaan

A. PROFIL SINGKAT

Perpustakaan IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung merupakan salah satu unsur pendukung program akademik yang bersifat non struktural yang memiliki peran sangat penting khususnya dalam memberikan akses berbagai bidang keilmuan bagi civitas akademika IAIN.
Perpustakaan IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung berdiri seiring dengan berdirinya kampus STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, yang awalnya bernama STIT (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah) yang berlokasi di Batu Rusa kecamatan Merawang pada tahun 1986 dan STID (Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah) yang didirikan di lokasi yang sama.


B. VISI DAN MISI

VISI:
"Menjadikan Perpustakaan IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Sebagai Wadah Inspirasi dan Referensi yang Efektif dan Efisien Bagi Intelektual Muslim".

MISI:
Untuk mencapai visi di atas, maka perpustakaan memiliki misi sebagai berikut :
1. Menyediakan koleksi yang berhubungan dengan ilmu-ilmu ke-Islaman dan ilmu-ilmu umum baik yang berhubungan dengan mata kuliah maupun koleksi umum.
2. Menjadikan Perpustakaan IAIN SAS Bangka Belitung sebagai pusat data dan informasi yang terpercaya bagi civitas akademika khususnya dan masyarakat pada umumnya.
3. Memberikan layanan prima kepada pengguna perpustakaan, sehingga akan meningkatkan meningkatkan minat baca dan rasa butuh terhadap fungsi perpustakaan.

C. KOLEKSI BUKU

Koleksi buku yang dimiliki Perpustakaan IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung hingga saat ini berjumlah 22116 eksemplar yang kesemuanya terdiri dari buku yang berhubungan dengan mata kuliah, pengetahuan umum maupun yang berhubungan dengan pengetahuan agama Islam.

D. KEANGGOTAAN

1. Untuk dapat memanfaatkan bahan pustaka, maka anggota perpustakaan diwajibkan mengaktifkan dan memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
a. Wajib mengikuti sosialisasi layanan otomasi perpustakaan (user education).
b. Mengisi formulir yang disediakan petugas.
c. Menyerahkan pas foto ukuran 2x3 sebanyak 2 lembar.
2. Syarat-syarat pemanfaatan koleksi perpustakaan IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung bagi pengguna dari kalangan umum/masyarakat umum adalah sebagai berikut :
a. Pengguna dari masyarakat umum hanya dapat menggunakan fasilitas baca ditempat atau foto copy.
b. Wajib absensi dan melapor kepada petugas disetiap datang/kunjung.
c. Harus ikut serta mematuhi peraturan-peraturan yang diterapkan di perpustakaan.

E. PELAYANAAN

Dalam memberikan pelayanan kepada pemakai, Perpustakaan IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung menggunakan system layanan terbuka (open access), yaitu pengguna dapat memilih, membaca dan mengambil sendiri buku yang dikehendaki. Sistem peminjaman dan pengembalian koleksi/buku wajib dilakukan dengan menunjukkan KTA (Kartu Tanda Anggota).
Hari dan Jam Buka Layanan

  •  Senin s.d Kamis : 08.00 – 15.30 wib (diselingi istirahat Jam 12.00 – 13.00 wib)
  •  Jum’at : 08.00 – 15.30 wib (diselingi istirahat jam 11.00 – 13.00 wib)