Berita

Tim Pengawas Lokal IAIN SAS BABEL Gelar Simulasi SSE UM-PTKIN

Diposting oleh Administrator | Kamis, 30 Juli 2020

Bangka,29/7/2020.Sejumlah pengawas lokal dan PanitiaUM-PTKIN IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung yang terlibat dalam Sistem Seleksi Elektronik (SEE) pada Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) melakukan simulasi atau uji coba aplikasi berbasis komputer di gedung Rapat Lantai II. Pelaksanaan simulasi SSE tersebut berlangsung pada 23-27 Juli 2020.

Simulasi dilakukan agar saat pelaksanaan SSE yang akan digelar pada 3-6 Agustus mendatang dapat berjalan lancar sesuai harapan. Pernyataan ini disampaikan oleh Wakil Rektor I, Dr.Rusid Sulaiman,M.Ag saat melakukan rapat internal kesiapan Sekretariat Panitia Lokal dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (UM PTKIN).Kami berharap saat hari H pelaksanaan ujian nanti tidak ada kendala apa pun, terutama saat membuka sistem aplikas dan jaringan internet ucap Beliau

Simulasi SSE tak hanya melibatkan para pengawas tetapi juga peserta UM-PTKIN sesuai ruang kelas masing-masing. Dalam simulasi yang berlangsung tak kurang 15 menit itu, pengawas melakukan uji coba yang diawali dengan membuka aplikasi dan kemudian login sebagai pengawas. Setelah masuk aplikasi, pengawas kemudian melakukan proses aktivitasi peserta dengan menceklis di kolom peserta. Jika sudah terceklis, peserta dapat melanjutkan untuk mengikuti ujian dengan mengisi sejumlah soal. Saat mengisi soal peserta berada di rumah masing-masing.

Soal yang diujikan dalam SSE UM-PTKN ini terbagi dalam tiga komponen, yaitu Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang meliputi Tes Potensi Akademik, Bahasa, dan Keislaman; Tes Kemampuan Bidang IPA, dan Tes Kemampuan Bidang IPS. Sementara waktu yang disediakan hanya berlangsung selama 100 menit.Peserta SSE UM-PTKIN IAIN SAS Babel tahun akademik 2020/2021 diikuti oleh sekira 659 peserta. Setiap peserta akan mengikuti ujian dalam tiga sesi per hari sesuai jadwal dan Pelaksanaan SSE UM-PTKIN berlangsung secara nasional. Rapat internal kesiapan Sekretariat Panitia Lokal UM PTKIN 2020 dihadiri Kabag AAK Drs.Ika Robiantari,M.Pd.I,Kasubbag AAK Kusnadi,Kasubbag Humas Komarul Hadi,S,Kom dan Kepala Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) Turmuzi,S.Kom.

Penulis : Ayaknan
Editor : Turmuzi