Berita

Hari Raya Idul Adha 1441 H, IAIN SAS Bangka Belitung Menyembelih 3 Ekor Sapi

Diposting oleh Administrator | Selasa, 04 Agustus 2020

Bangka, 3/8/2020. Segenap civitas akademika IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung pada hari raya Idul Adha 1441 H tahun 2020 ini telah melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak 3 ekor sapi. Dalam acara pemotongan hewan kurban ini dihadiri oleh pimpinan, dosen dan karyawan. Hari Raya Idul Adha 1441 H kembali dirayakan ditengah suasana COVID-19, sama halnya seperti Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Untuk menghindari kerumunan massa dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, panitia memutuskan untuk membuat tim khusus yang melibatkan dosen dan karyawan IAIN SAS Bangka Belitung mulai dari penyembelihan hingga pendistribusian hewan kurban. H. Sobri yang setiap tahunnya ditunjuk untuk menyembelih hewan kurban di IAIN SAS Bangka Belitung. Beliau juga sering diamanahkan untuk menyembelih hewan kurban di tempat lain, seperti Masjid Jami’ dan Masjid Al-Karomah Pangkalpinang.

Ketiga ekor sapi tersebut diperoleh dari 21 nama yang telah menyisihkan sebagian rejekinya dan disetorkan kepada Bendahara IAIN SAS Bangka Belitung. Daging-daging kurban kemudian dibagikan kepada Tenaga Honorer, Tenaga Kontrak, Dosen Tetap Bukan Pegawai Negeri Sipil (DTBPNS), masyarakat sekitar, dan beberapa Panti Asuhan.
Drs. H. Tumiran Ganefo, M.H. selaku Ketua Panitia berharap dengan adanya kurban tahun ini dapat memberikan pembelajaran tentang makna berkurban seperti yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan Nabis Ismail. “Memberikan pembelajaran terhadap makna pengorbanan yang belum sebanding dengan apa yang telah dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail”.

“Institusi kita harus memberikan contoh keteladanan kepada masyarakat dengan kuantitas kurban tahun ini. Mengingat adanya wabah COVID-19 ini, jadi titik kekuatan ekonomi kita menurun. Harapan kedepannya, COVID-19 ini sirna dan kuantitas kurban kita meningkat. Jadi daging kurban bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar dan bisa membantu institusi lain, contohnya Walikota. Jika mereka bisa, kenapa kita tidak?” tambah Tumiran.

Panitia kurban mengharapkan untuk tahun depan jumlah hewan kurban lebih banyak lagi dan menghimbau kepada karyawan dan dosen yang belum mendapatkan kesempatan berkurban tahun ini dapat melaksanakan kurban pada tahun berikutnya. Saya atas nama pimpinan IAIN SAS Bangka Belitung hanya bisa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak. Semoga kurbannya diterima Allah SWT, tutup beliau.

Penulis: Mega Farayannie / Ayaknan
Fotografer: Mega Farayannie
Editor : Turmuzi