Berita

Hari Pertama Ujian Online UM-PTKIN di IAIN SAS Bangka Belitung Bejalan Lancar

Diposting oleh Administrator | Selasa, 04 Agustus 2020

Bangka, 3/8/2020. Pelaksanaan Tes Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (UM-PTKIN) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung secara daring berjalan lancar. Hal ini terpantau pada hari pertama pelaksanaan ujian UM-PTKIN 2020.

Wakil Rektor I Dr Rusydi Sulaiman, M.Ag yang hadir memonitor pelaksanaan tes ini mengatakan bahwa pelaksanaan berjalan sesuai dengan rencana. Alhamdulillah ujian daring berjalan lancar. Meskipun ada sedikit kendala jaringan, khususnya di peserta seperti kondisi sinyal di lokasi peserta yang kurang baik. Meskipun ujian ini dilakukan dari rumah peserta masing-masing namun tetap dilakukan pengawasan oleh Panitia, ujarnya saat meninjau pelaksanaan pengawasan UM-PTKIN di Lab. Komputer IAIN SAS Bangka Belitung .

Dia menyampaikan, tes daring ini merupakan pertama dilakukan di lingkungan PTKIN. Tes daring penerimaan mahasiswa baru berskala nasional ini juga pertama di Indonesia. Karena kondisi pandemi, kita (PTKIN) berupaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan melaksanaan tes secara daring, agar tidak terjadi kerumunan massa.

Selain itu, beliau berharap supaya untuk pelaksanaan ujian sesi berikutnya juga bisa berjalan lancar dan peserta bisa maksimal. Beliau juga menghimbau kepada para peserta yang akan mengikuti sesi berikutnya untuk betul-betul mempersiapkan diri terkait materi maupun perangkat ujian yang diperlukan.

“Pastikan perangkat dan jaringan internet kalian dalam kondisi prima. Dan tak kalah penting, mohon untuk mentaati tata tertib yang berlaku sehingga tidak didiskualifikasi oleh panitia,” katanya. Ditanya mengenai tingkat kehadiran peserta pada hari pertama pelaksanaan UM-PTKIN secara online ini, menyampaikan bahwa peserta ujian hari pertama di IAIN SAS Bangka Belitung sejumlah 180 peserta, ada 18 peserta yang tidak hadir atau melakukan login ke aplikasi SSE UM-PTKIN.

Beliau juga menjelaskan, tes daring sudah disiapkan secara maksimal baik dalam sistem, server, kondisi jaringan, maupun pengawasan. Sebelumnya juga telah dilaksanakan uji coba yang telah berlangsung pada 23-27 Juli 2020. Bagi peserta yang mengalami kendala seperti kondisi jaringan, bencana, sakit dan hal mendesak lainnya harus melaporkan melalui aplikasi/web sapa.um-ptkin.ac.id

Seleksi penerimaan mahasiswa baru Jalur UM-PTKIN IAIN SAS Bangka Belitung ini secara keseluruhan diikuti oleh 659 peserta yang akan berlangsung selama 4 hari mulai 3 Agustus 2020 hingga 6 Agustus 2020. Tercatat 659 peserta yang diawasi oleh panitia lokal IAIN SAS Bangka Belitung yang terbagi ke dalam 3 ruang ujian online. Satu ruang ujian online terdiri atas 20 peserta dan perhari dilaksanakan sebanyak 3 sesi. Jadi satu hari sebanyak 180 orang yang mengikuti ujian dari rumah.
Hasil tes UM-PTKIN ini akan diumumkan pada 24 Agustus 2020 melalui laman https://um-ptkin.ac.id dan https://www.iainsasbabel.ac.id.

Penulis : Mega Farayannie / Ayaknan
Fotografer : Mega Farayannie
Editor : Turmuzi