Kopma Syadik IAIN SAS Babel Sukses Adakan Rapat Anggota Tahunan Ke- 3 dan Pemilihan Pengurus Baru

avatar Tong Hari
Tong Hari

86 x dilihat
Kopma Syadik IAIN SAS Babel Sukses Adakan Rapat Anggota Tahunan Ke- 3 dan Pemilihan Pengurus Baru
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung (Kopma Syadik) melaksanakan kegiatan Rapat Anggota Tahunan(RAT) ke-3 Tahun 2023

Kopma Syadik IAIN SAS Babel Sukses Adakan Rapat Anggota Tahunan Ke- 3 dan Pemilihan Pengurus Baru
Kopma Syadik IAIN SAS Babel Sukses Adakan Rapat Anggota Tahunan Ke- 3 dan Pemilihan Pengurus Baru



IAINSASBABEL.AC.ID BANGKA. Unit Kegiatan Khusus (UKK) Koperasi Mahasiswa IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung (Kopma Syadik) melaksanakan kegiatan Rapat Anggota Tahunan(RAT) ke-3 Tahun 2023 dengan mengangkat tema “membentuk jiwa kepemimpinan serta bertanggung jawab pada generasi baru penerus bangsa bersama koperasi” Kamis s.d Jumat (5/6/01/2023) di Gedung PIAUD Fakultas Tarbiyah.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor III Dr. H. Muh Misdar, M.Ag memberikan beberapa patah kata dan kritik untuk Kopma Syadik dengan mengatakan bahwa, semua mahasiswa IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik merupakan anggota dari Kopma Syadik. Saat ini, kantin Kopma merupakan aktualisasi diri Kopma Syadik di kampus ini.

Sekadar kritik untuk Kopma agar lebih menjaga kebersihan di kantin.”Selain kritik beliau mendukung penuh usaha Kopma Syadik untuk lebih mengambangkan usaha Kopma kearah yang lebih baik lagi, mungkin kedepannya akan dibantu pengembangannya supaya lebih besar lagi.

Pembina Kopma Syadik Dr. Ahmad Irvani, M.Ag  mengungkapkan sedikit tentang koperasi mahasiswa terutama menegaskan bahwasanya pengurus Kopma Syadik yang baru nantinya agar dapat lebih membawa dan mengenalkan Kopma Syadik ke lnternal maupun eksternal kampus tentunya dengan arahan dan wejangan dari dinas koperasi dan UMKM provinsi Bangka Belitung.

Selanjutnya disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi kabupaten Bangka, beliau mengatakan bahwasannya koperasi yang ada di kabupaten Bangka sekitar 203 namun yang aktif hanya sekitar 50% darinya dan kopma Syadik merupakan 1 dari 50% itu. Beliau juga mendukung penuh kopma Syadik ini salah satunya dengan cara membuka peluang pada kopma Syadik untuk terus mempererat silaturahmi kepada koperasi kabupaten Bangka.

Selanjutnya disampaikan oleh Sub. Koordinator Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi, dari Dinas Koperasi dan UMKM Prov. Kep. Babel  Yulita, SE, M.Si beliau memberikan nilai plus kepada Kopma Syadik karena per tanggal 5 Januari ini Kopma Syadik telah dapat melaksanakan rapat anggota tahunan Kopma Syadik dapat bekerja cepat dibandingkan koperasi-koperasi lain yang belum melaksanakan rapat anggota tahunan.

Selain itu beliau juga berharap Kopma Syadik dapat terus berjalan bahkan berkembang dengan kepengurusan baru nantinya, dengan tidak henti-hentinya dan  agar Kopma Syadik harus terus diasah dan terus melangkah dengan bimbingan pembina maupun koperasi provinsi sekalipun.

Kemudian  selesai pembukaan  dilanjutkan dengan sidang pleno I yang dimana dalam sidang pleno I ini terdiri dari pembacaan absen peserta RAT, selanjutnya pengesahan qourum, pembacaan susunan acara, dan pembacaan tata tertib sidang.

Kemudian dilanjutkan dengan sidang pleno II dengan kegiatan pemilihan pimpinan sidang tetap,  lpj pengawas dan pengurus, dan sesi tanya jawab yang dalam hal ini ada beberapa masukan dari pengawas dan anggota kepada kepengurusan yang baru nantinya.

Kemudian dilanjutkan dengan sidang pleno III yang didalamnya membahas mengenai pemilihan ketua, sekretaris dan bendahara. Setelah diadakannya musyawarah / mufakat maka terpilih lah nahkoda baru yang dipercaya akan membawa Kopma Syadik lebih baik lagi yaitu Rini Marlina sebagai Ketua, kemudian Khairatunnisa sebagai sekretaris dan Andi Gisya patika sebagai bendahara.

Dihari ke-2 pada hari Jumat (06/01/2023) dilanjutkan dengan pembacaan dan pengesahan AD/ART kemudian pengesahan program kerja dan pemilihan pengawas Kopma Syadik, yaitu Mispi suciarmi sebagai ketua pengawas dan Riska Dewi sebagai anggota pengawas. Kemudian acara yang terakhir yaitu pembacaan berita acara.

Kegiatan ini dihadiri oleh  Dr. H. Muh. Misdar, M.Ag selaku Wakil Rektor III IAIN SAS Babel, Dr. Ahmad Irvani, S.E, M. Ag, selaku Pembina Kopma Syadik, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bangka, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bangka Belitung, dan dihadiri 15 peserta, 2 pengawas, dan  tamu undangan, kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama.

Penulis : Nur Syaidah Dan Ayaknan

Editor: Ika Robiantari