LPM IAIN SAS Bangka Belitung Sosialisasi Penggunaan Aplikasi MERPATI

avatar Tong Hari
Tong Hari

196 x dilihat
LPM IAIN SAS Bangka Belitung Sosialisasi Penggunaan Aplikasi MERPATI
LPM IAIN SAS Bangka Belitung Sosialisasi Penggunaan Aplikasi MERPATI


IAINSASBABEL.AC.ID BANGKA. Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN)Syaikh Abdurrahman Siddik (SAS) Bangka Belitung adakan acara sosialisasi aplikasi “Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam” ( MERPATI). Kegiatan tersebut dilakukan secara daring (Zoom Meeting) dan dihadiri oleh para Admin Fakultas, Kaprodi dan Sekprodi , di lingkungan IAIN Babel.Jumat,01/9/2023.

Rektor IAIN SAS Babel Dr.Irawan,M.S.I di Wakili Wakil Rektor I Prof.Dr.H. Hatamar, M.Ag  dalam sambutanya menyampaikan  Sosialisasi aplikasi merpati PTKI diharapkan dapat membantu prodi dan fakultas dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Pengimplementasian ini tidak mungkin berjalan lancar tanpa bantuan Bapak/Ibu di fakultas dan di program studi.

Ketua LPM Dr. Ahmad Irvani, M.Ag  sebagai narasumber memberikan penyajian materi terkait implementasi program MERPATI PTKI. Aplikasi  MERPATI PTKI adalah sebuah portal yang dikelola oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk program Merdeka Belajar PTKI.

Portal ini menyediakan informasi tentang kegiatan pembelajaran MBKM terutama jadwal dan informasi teknis lainnya. Dosen dan Mahasiswa dapat mendaftar dan login ke portal ini untuk mengakses informasi lebih lanjut.

Ia memaparkan tentang tahapan penetapan administrasi MERPATI dari tingkat Fakultas, Jurusan, Dosen, hingga Mahasiswa. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi MERPATI kepada seluruh komunitas akademik IAIN Babel .

Teknis operasional MERPATI, dan tugas-tugas teknis tersebut dialihkan kepada operator di masing-masing fakultas. Hal ini dianggap efisien untuk memastikan kelancaran operasional sistem.

Ia mengatakan “Penggunaan aplikasi dapat diakses melalui laman https://merpati.kemenag.go.id/ yang merupakan portal kolaborasi informasi penyelenggara MBKM PTKIN yang ditawarkan masing-masing kampus, dengan berbagai fitur pembelajaran MBKM yang ditawarkan salah satunya magang atau praktik kerja.” Ujarnya (*)

Penulis : Ayaknan