Ma'had Al-Jami'ah IAIN SAS Babel Sukses Adakan Webinar Entrepreneurship

avatar Tong Hari
Tong Hari
Ma'had Al-Jami'ah IAIN SAS Babel Sukses Adakan Webinar Entrepreneurship
Webinar Entrepreneurship

IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Ma'had Al-Jami'ah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka belitung  kembali melaksanakan webinar Entrepreneurship. Kali ini, Ma'had Al-Jami'ah mengangkat tema "Membidik Peluang Bisnis di Era Digital".

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ka. UPT Ma'had Al-Jami'ah,  Muhamad Edy Waluyo, M.S.I mewakili Rektor IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya Ma'had Al-Jami'ah untuk memancing kesadaran dan keinginan Mahasantri Ma'had Al-Jami'ah untuk cerdas memanfaatkan digital yang sudah tidak asing lagi saat ini.

“Peran digital sudah hampir memenuhi seluruh aspek kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, kegiatan ini sangat penting diadakan agar para mahasantri tidak hanya unggul dalam bidang keagamaan, tetapi juga turut andil dalam bidang Entrepreneurship dengan memanfaatkan digital yang ada saat ini.” Ujarnya dalam sambutannya.

Kegiatan ini dimoderatori langsung oleh Suminaisih selaku konsultan akses jaringan kerjasama PLUT KUMKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ia memberikan apresiasinya terhadap terlaksananya kegiatan ini. Bahkan ia mengajak Ma’had al-Jami'ah untuk melanjutkan kegiatan ini dengan kerja sama antara Ma’had al-Jami’ah dengan PLUT KUMKM.  

Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Bapak Ari Agung Nugroho yang merupakan Dosen Manajemen di Universitas Bangka Belitung sekaligus menjabat sebagai Instruktur Digital KOMINFO. Dalam materinya, ia menyampaikan bahwa tranformasi digital merupakan cara baru melakukan bisnis. Untuk itu, ia mengajak agar para mahasantri bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk melakukan bisnis apapun yang mereka sukai.

Di samping itu, Bapak Akbar Riandi sebagai narasumber kedua yang menjabat Konsultan Sumber Daya Manusia PLUT KUMKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan pendapatnya bahwa saat ini kita dipaksa untuk bisa beradaptasi dengan teknologi baru. Oleh karena itu, untuk bisa beradaptasi, kita perlu memiliki digital skill agar tidak tertinggal dengan perkembangan saat ini. Lebih lanjut ia berharap, kegiatan ini bisa ditindak lanjuti dengan kerjasama agar SDM di Bangka Belitung khususnya semakin unggul.

 

Penulis : Ela Isnani Munawwaroh