Ma'had Al Jami'ah IAIN SAS Babel Sukseskan Mahadharah Kubra Ma'had Al-Jami'ah Se-Sumatera

avatar Mega Paraiyannie
Mega Paraiyannie
Ma'had Al Jami'ah IAIN SAS Babel Sukseskan Mahadharah Kubra Ma'had Al-Jami'ah Se-Sumatera





IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Ma’had Al-Jami’ah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung turut sukseskan Muhadharah Kubra Ma’had Al-Jami’ah se-Sumatera edisi pertama yang mengusung tema “Paint the Wonderful World with the Greatest Powerful Friendship”. Kegiatan ini dilaksanakan pada 28 Februari 2021 yang lalu pukul 20.00 WIB sampai selesai. Acara ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom dan live YouTube yang diikuti oleh Ma’had Al-Jami’ah  IAIN SAS Bangka Belitung, UIN Sumatera Utara,  IAIN Lhokseumawe, UIN Raden Intan Lampung, IAIN Padangsidimpuan, IAIN Batusangkar, UIN Imam Bonjol, IAIN Curup Bengkulu, IAIN Kerinci, IAIN Bengkulu, UIN Sultan Thaha Saifuddin, UIN Ar-Raniry, UIN Sultan Syarif Kasim, IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, dan UIN Raden Fatah Palembang.

“Pada awalnya kita tidak menyangka acara bisa semeriah ini karena kondisi pandemi. Muhadharah ini untuk terus kreatif di rumah," ujar Mudir Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung, Ustadz Muhammad Nur saat membuka acara. Beliau mengaku sangat terkejut  dengan adanya kegiatan ini.

Senada dengan hal itu, Ustadz Harun selaku Mudir Ma’had Sumatera Utara menyatakan, “Luar biasa, diluar dari ekspetasi sebelumnya ya. Acara ini mendapat sambutan antusias luar biasa. Atas kerja sama dan sama-sama bekerja, kita semua para Mudir, Pengurus, Mahasantri, kemudian juga koordinasi yang luar biasa perlu kita berikan apresiasi yang luar biasa khusus kepada Ustadz Nur Muhammad dan anggota yang ada di UIN Raden Intan Lampung dan betul-betul real ini yang bisa diwujudkan menjadi acara menarik malam hari ini".

Sementara itu, Ustadz Nur Muhammad menambahkan bahwa apapun yang terjadi pandemi ataupun tidak pandemi, fasilitas kita boleh terbatas tapi kreativitas kita tidak boleh terbatas. Jadi, apapun yang terjadi, kita harus tetap bergerak, hidup, demi ruh santri terus berjalan, pada semuanya saya sampaikan terima kasih dan ta’zim yang sebesar-besarnya. Mudah-mudahan ini adalah acara kita yang menjadi tonggak untuk acara kita kedepannya antar Ma’had se-Sumatera.

"Mudah-mudahan dengan Muhadrahah Kubro ini kita semakin erat menjalin silaturrahmi kedepannya". Pungkasnya mengakhiri perbincangan dengan perwakilan Mudir Ma’had se-Sumatera.

Selaras dengan Mudir Ma’had UIN Raden Intan Lampung, Pemandu Acara mengungkapkan harapannya semoga kegiatan Muhadharah kali ini menjadikan titik balik kita untuk terus kreatif di rumah walaupun kita tidak menggunakan fasilitas Ma’had yang ada tapi kita tetap semangat menjalankan pembelajaran.  

Menariknya, berbagai kreativitas ditampilkan mahasantri Ma’had Al-Jami’ah se-Sumatera, diantaranya adalah penayangan film pendek “Kita Bisa” dari UIN Raden Intan Lampung, Tari Sigeh Pengunten dari Mahasantri Ma’had UIN Raden Intan Lampung, Tasliyah IAIN Padangsidimpuan, Nasyid dari IAIN Lhokseumawe, Pidato bahasa Indonesia, English, Arabic, dan French, Pidato Kolaborasi bahasa daerah, dan banyak hal unik lainnya.

“Acara Muhadharah Akbar ini sangat luar biasa, peserta dari berbagai daerah se-Sumatera semangat berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kita bisa belajar bahasa asing, ada bahasa Inggris, Arab, Prancis dan beberapa bahasa daerah di Indonesia”, ungkap Cindy Akbari Ferry selaku mahasantri IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik yang turut berpartisipasi dalam acara ini.

Ia mengungkapkan walaupun dalam keadaan pandemi semua civitas akademika Ma’had Al-Jami’ah se-Sumatera saling support memberikan ide atau pemikiran pada acara Muhadharah Akbar. "Semoga acara ini menjadi agenda berkelanjutan dan lebih meriah lagi kedepannya", tuturnya saat di wawancarai via WhatsApp. Senin (1/3/2021).

 

(Penulis: Nur Fadila & Mega Paraiyannie | Editor: Turmuzi)