Perkuat Kerjasama Kelembagaan, IAIN SAS Babel Teken MoU dengan Universitas Bangka Belitung

avatar Tong Hari
Tong Hari
Perkuat Kerjasama Kelembagaan, IAIN SAS Babel Teken MoU dengan Universitas Bangka Belitung
Penyerahan Cenderamata oleh Rektor IAIN SAS Babel (kanan) kepada Rektor UBB (kiri)

Foto Bersama Rektor IAIN SAS Babel dan jajarannya dengan Rektor UBB dan jajarannya
Foto Bersama Rektor IAIN SAS Babel dan jajarannya dengan Rektor UBB dan jajarannya

Penandatanganan MoU oleh Rektor IAIN SAS Babel dan Rektor UBB
Penandatanganan MoU oleh Rektor IAIN SAS Babel dan Rektor UBB

IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung (IAIN SAS Babel) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Universitas Bangka Belitung (UBB) di ruang rapat Gedung Terpadu Lantai II, Rabu (17/3/2021). Penandatangan MoU tersebut dilakukan oleh Rektor IAIN SAS Babel Dr. Zayadi, M.Ag dan Rektor UBB Dr. Ibrahim,M.Si. Turut hadir Kepala Biro AUAK IAIN SAS Babel Drs. H. Tumiran Ganefo, M.H., Wakil Rektor I Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag., Wakil Rektor II Prof. Dr. H. Hatamar, M.Ag., Wakil Rektor III Dr. H. Janawi, M.Ag., Kepala SPI, Ketua LPM, Kepala Perpustakaan, dan tamu undangan dari IAIN SAS Babel. Sementara Rektor UBB didampingi oleh Kepala Biro BPKKU UBB Sugeng Riyadi, Ak., Sekretaris LPPM UBB Nanang Wahyudin, Humas UBB Agus Susanto dan jajarannya.

Dalam nota kesepahaman tersebut, kedua belah pihak sepakat melakukan kerja sama dalam hal pengembangan tri dharma perguruan tinggi serta program merdeka belajar kampus merdeka. IAIN SAS Babel dan UBB juga akan bersinergi dalam berbagai hal, diantaranya pertukaran dosen, pengembangan akademik dan lain sebagainya untuk peningkatan kemajuan perguruan tinggi kedepannya.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN SAS Babel mengatakan kerjasama penguatan kelembagaan antar perguruan tinggi  harus terus digiatkan, khususnya bagi IAIN SAS Babel. Penandatangan kerja sama antara UBB dengan IAIN SAS Babel ini terkait pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia para pihak, serta mensinergikan IAIN SAS Babel dengan UBB. Zayadi mengapresiasi terjalinnya MoU antara IAIN SAS Babel dengan UBB tersebut, ia berharap implementasi MoU ini dapat segera dilakukan, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh kedua belah pihak.

Rektor UBB menyampaikan bahwa UBB terus meningkatkan kerja sama dengan pemangku kepentingan untuk mengembangkan dan penerapan ilmu pengetahuan serta teknologi, khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ia juga mengingatkan bahwa hubungan UBB dengan IAIN SAS Babel adalah kombinasi yang sangat baik dan kebutuhan bersama. Kami sangat bersyukur dengan adanya MoU dengan IAIN SAS Babel tersebut, menurutnya ini momentum yang sangat baik karena dengan adanya nota kesepahaman ini kedua belah pihak dapat memberikan akses yang luas untuk meningkatkan institusi kelembagaan masing-masing, terutama untuk para dosen UBB dalam meningkatkan skill keilmuannya. “Kami berharap dibawah payung MoU ini  punya mitra untuk melaksanakan berbagai kegiatan-kegiatan yang mengarah dalam membina kerjasama antar kedua perguruan tinggi, terutama dibidang Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tutur Ibrahim.

 Diakhir sambutannya, Ibrahim juga menjelaskan kerja sama kedepan mungkin tidak lagi selalu berorientasi kepada kerja sama yang sifatnya fisik, namun kerja sama yang sifatnya digital perlu kita dorong secara bersama-sama, untuk menghadapi reformasi teknologi dalam pendidikan. 

 

(Penulis : Tong Hari/Ayaknan & Mega Parayannie | Editor: H. Ika Robiantari)