Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IAIN SAS Bangka Belitung Raih Akreditasi B

avatar Tong Hari
Tong Hari
Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IAIN SAS Bangka Belitung Raih Akreditasi B

IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Kabar gembira diperoleh civitas akademika IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung khususnya Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah setelah melalui proses asesmen lapangan (AL) atau visitasi dalam rangka akreditasi nasional dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada 9-10 April 2021 yang lalu, akhirnya berhasil meraih peringkat akreditasi B. 

Raihan akreditasi B Prodi PIAUD IAIN SAS Babel tersebut tertuang dalam sertifikat akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi berdasarkan Keputusan BAN-PT No.2638/SK./BAN-PT/Akred/S/V/2021 berlaku 4 Mei 2021 - 4 Mei 2026 ditandatangani oleh Direktur Dewan Ekskutif BAN-PT  Prof. T Basarudin tertangal 4 Mei 2021.

Sriyati Dwi Astuti, M.Pd.I.  Ketua Prodi PIAUD, menyampaikan ucapan syukur kehadirat Allah swt atas raihan akreditasi tersebut, beliau juga menegaskan, satu tugas tanggung jawab kepada mahasiswa dan masyarakat telah tercapai, ke depan Prodi PIAUD akan berbenah untuk mencapai raihan akreditasi “UNGGUL”. Ia merasa sangat bangga dan lega dengan status akreditasi yang diperoleh oleh Prodi PIAUD ini. “Kerja keras teman-teman tim akreditasi tidaklah sia-sia. Pengorbanan waktu dan tenaga selama ini menuai hasil yang maksimal. Peringkat akreditasi B yang diperoleh ini merupakan hasil maksimal, ungkap Sriyati.

Sementara itu, Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Hadarah, M.Ag. secara terpisah juga mengungkapkan bahwa keberhasilan Prodi PIAUD memperoleh akreditasi B ini adalah kerja keras dan kerja cerdas seluruh tim akreditasi dan dukungan berbagai pihak. Lebih lanjut dikemukakannya bahwa keberhasilan meraih status akreditasi B bagi Prodi PIAUD ini adalah keberhasilan bersama seluruh pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung sejak penyiapan dokumen akreditasi hingga proses asesmen lapangan.

Fakultas Tarbiyah akan selalu berusaha melakukan pengembangan dari segala aspek, dengan perolehan nilai akreditasi B patut disyukuri karena merupakan bentuk kerja serius para tim terutama Kaprodi, Sekprodi, namum  tidak boleh berhenti setelah ini. Harapannya agar dapat diupayakan untuk dipertahankan dan sembari mempersiapkan segalanya untuk naik peringkat, tentu semua pihak masing-masing wajib turut mensupport. Selamat kepada Kaprodi dan timnya, proses yang  baik tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Kami mewakili Fakultas Tarbiyah  mengucapkan terimakasih atas supportnya kepada semua unsur di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung pihak Pimpinan, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM),  Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD), Perpustakaan, Akademik, Keuangan, Umum dan Kepegawaian, dan seluruh pihak yang terlibat yang telah memberikan support yang begitu besar selama proses akreditasi ini. Karena dengan dukungan dari seluruh unsur IAIN, kami dapat bekerja secara maksimal dan mendapat hasil baik sekali. Tidak lupa, saya juga mengucapkan terima kasih kepada Tim Borang Prodi PIAUD, ini berkat kerja sama tim yang solid dan kuat," kata Hadarah.

“Kita berharap ke depan Prodi PIAUD semakin sukses dan Kepercayaan masyarakat terhadap Prodi PIAUD kita harapkan akan semakin meningkat, sehingga Prodi ini akan semakin maju”, tutur Dekan.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr.Rusydi Sulaiman,M.Ag juga mengucapkan selamat kepada Prodi PIAUD yang telah terakreditasi "B", Ia mengatakan bahwa peningkatan nilai akreditasi ini memang bukan hal yang mudah tetapi sangat mungkin diraih dengan komitmen dan kerjasama semua pihak. “Kita sudah membuktikan bahwa dengan kerja keras dan kerja cerdas, target akreditasi B itu bisa kita raih. Kami sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan pihak fakultas dalam mendorong peningkatan akreditasi ini, selaku Warek kami mendukung sepenuhnya dengan menerbitkan kebijakan sesuai dengan kewenangan kami agar prodi ini mencapai nilai maksimal,” kata Beliau.

Saat ini, beberapa program studi sedang menunggu Asesmen Lapangan (AL) dalam waktu dekat ini Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) dan Prodi lain juga akan melaksanakan asesmen sehingga kita berharap prodi yang lain juga mendapatkan nilai akreditasi yang sempurna dan memuaskan, tambah Rusydi.

Sedangkan untuk APT dan prodi lainnya, seperti Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI), Akuntansi Syariah (AS), Psikologi Islam(PI), Tadris Bahasa Inggris (TBI), dan Jurnalistik Islam (JI) dalam waktu dekat akan dilakukan Asesmen Lapangan/Visitasi secara daring. “Tentunya, hasil asesmen lapangan ini diharapkan memperoleh hasil akreditasi "B" atau Baik Sekali”,  tegas Rusydi Sulaiman.

 

(Penulis: Tong Hari/Ayaknan | Editor: H. Ika Robiantari)