Prodi Psikologi Islam Bersama LPPM Pahlawan 12 Sukses Gelar Academic Writing Webinar Series 2021

avatar Tong Hari
Tong Hari
Prodi Psikologi Islam Bersama LPPM Pahlawan 12 Sukses Gelar Academic Writing Webinar Series 2021



IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Prodi Psikologi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung  bersama LPPM STISIPOL Pahlawan 12 mengadakan Academic Writing Webinar Series 2021. Webinar yang bertajuk  "Urgensi Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa" yang dilaksanakan pada (6-14 November 2021).

Webinar Academic Writing merupakan kegiatan kolaborasi antara Prodi Psikologi Islam IAIN SAS Bangka Belitung dengan LPPM STISIPOL Pahlawan 12 (6-14/11/2021) dibagi 5 sesi kegiatan. Webinar menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting. Kegiatan berlangsung dengan baik dan peserta sangat antusias dalam menerima materi yang disampaikan.

Webinar ini bertujuan untuk memberikan informasi, pemahaman dan ilmu mengenai penulisan karya tulis ilmiah. Kegiatan ini dihadirkan oleh berbagai narasumber yang berkompeten dalam bidang ini dari berbagai universitas, seperti City University of Hongkong, Universitas Indonesia, juga kampus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam lainnya seperti IAIN Curup, IAIN SAS Babel, Univesitas Muhammadiyah, PTIQ Jakarta, STIQ Bima, serta STISIPOL Pahlawan 12.

Sesi pertama sekaligus pembukaan webinar Academic Writing dilaksanakan pada (6/11/2021) yang dimana dibuka oleh Prof. Dr. R. Siti Zuhro, M.A dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Dr. Irawan, M. S. I dari IAIN SAS BABEL. Kemudian dilanjutkan pembahasan mengenai materi "Menentukan Topik (isu dan latar belakang)"yang dibahas oleh Shanaz Safitri, M. Psi. Psikolog dan materi "Literatur Review" yang dibahas oleh Jamil Abdul Aziz, M. A.

Sesi kedua dilaksanakan pada (7/11/2021) , sesi kali ini membahas mengenai "Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif" yang dibahas oleh Valendra Granitha Sandika Puri, S.Si., M. A. dan Muhammad Zulkarnaen, M. Pd. I. Keesokan harinya (8/11/2021) dilanjutkan sesi ketiga, yang membahas tentang "Sistematika Penulisan Artikel Ilmiah dan Penulisan Artikel Jurnal International". Topik tersebut dibawakan oleh Ferdiana, M. I. Kom dan Widya Handini, B. Sc., M. Sc.

Pada tanggal (13-14/11/2021) dilanjutkan lagi sesi keempat dan kelima. Sesi keempat dengan topik "Isu-isu Dalam Penelitian dan Etika Penulisan Artikel Ilmiah", topik tersebut dikupas oleh Agus Riyan Oktori, M. Pd. I dan Oktarizal Drianus, M. Psi. Untuk sesi kelima sendiri dengan topik "Tips Memilih Artikel/Publikasi dan Tips Menulis dan Publikasi Jurnal International", yang mana disampaikan oleh  Yan Yan Supriatman, M. A dan dan Jeffry Octavianus, Ph.D.

Menurut Oktarizal Drianus, M.Psi sebagai salah satu pemateri menanggapi kegiatan Academic Writing ini sangat bagus sekali dalam meningkatkan mutu intelektual bagi mahasiswa pada khususnya."Academic Writing ini bagi kegiatan yang bagus sekali banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan ini yakni meningkatkan mutu intelektual dan juga kegiatan ini bisa dirutinkan sebagai salah satu budaya akademik". Ucap Oktarizal.

Chitra Fraghini, M.Psi.,Psikolog selaku ketua pelaksana Academic Writing ini menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat berguna untuk pembelajaran bagi mahasiswa yang akan menulis skripsi, sehingga mahasiswa tidak kebingungan dan mengalami kesulitan saat menulis skripsi nantinya.

"Saya berharap dengan diadakannya Academic Writing ini bisa membantu mahasiswa dalam pembelajaran menulis skripsi apalagi  mahasiswa yang baru mulai, sehingga kebimbangan yang terjadi pada mahasiswa dapat terjawab sehingga tidak lagi bingung, dan ragu dalam memulai menyusun skripsi". Tutur Chitra.

 

 

(Penulis : Ghalid | Editor: Ayim)