Rektor IAIN SAS Babel Tandatangani Kontrak Kinerja Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM Tahun 2021-2024

avatar Tong Hari
Tong Hari
Rektor IAIN SAS Babel Tandatangani Kontrak Kinerja Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM Tahun 2021-2024
Rektor dan Jajaraan saat Zoom Meeting Evaluasi Reformasi Birokrasi (RB) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP)

IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Rektor IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Dr. Zayadi, M.Ag secara resmi telah menandatangani kontrak kinerja pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah  Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) tahun 2021-2024. Langkah ini merupakan tindak lanjut dari exit meeting evaluasi Reformasi Birokrasi (RB) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) yang diikuti Rektor IAIN SAS Babel bersama Kementerian Agama pada awal Januari 2021. 

Penandatanganan kontrak kinerja ini merupakan bentuk komitmen dari IAIN SAS Babel untuk terus berpartisipasi aktif dalam program reformasi birokrasi Kementerian Agama melalui berbagai kegiatan yang mendukung pembangunan ZI secara berkelanjutan. Melalui kontrak kinerja ini, IAIN SAS Babel menargetkan diri untuk menjadi satker dengan predikat zona integritas WBK  tahun 2022 dan menjadi satker WBBM pada tahun 2023.

Pembangunan ZI dimaksudkan untuk membangun dan mengimplementasikan program RB sehingga mampu mengembangkan budaya kerja birokrasi yang anti korupsi, berkinerja tinggi, dan memberikan pelayanan publik yang berkualitas. Bidang-bidang yang menjadi fokus IAIN SAS Babel dalam pembangunan zona integritas, antara lain manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dalam bidang manajemen perubahan, hal-hal yang akan diperkuat antara lain: peningkatan kompetensi tim kerja zona integritas, menyusun dokumen rencana kerja, memperkuat monitoring dan evaluasi, dan memaksimalkan peran agen perubahan dalam pembangunan zona integritas. Sementara itu, untuk bidang penataan tata laksana yang menjadi fokus perhatian antara lain review dan evaluasi SOP, dan peningkatan keterbukaan informasi publik.

Beberapa poin penting yang akan dibenahi dalam bidang penataan sistem manajemen, yaitu evaluasi Anjab dan ABK, penguatan kompetensi pegawai, penilaian kinerja, penegakan disiplin, reward dan punishment, pemberian penghargaan bagi pegawai berprestasi, dan penguatan sistem informasi kepegawaian. Selain itu, untuk penguatan akuntabilitas, IAIN SAS Babel akan melakukan pemantauan kinerja dan evaluasi perjanjian kinerja (perkin) secara berkala agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan baik dan sesuai dengan target waktu.

Bidang pengawasan juga menjadi fokus perhatian IAIN SAS Babel dalam rangka pembangunan zona integritas. Beberapa hal yang akan dikerjakan antara lain penguatan peran Satuan Pengawasan Internal (SPI) dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), penanganan pengaduan masyarakat (dumas), dan membangun whistleblowing system. Selain itu, untuk peningkatan kualitas pelayanan publik, IAIN SAS Babel akan memperkuat peran Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), penyusunan standar pelayanan, dan melakukan survei kepuasan masyarakat secara berkala demi peningkatan kualitas layanan publik.

Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM merupakan langkah nyata yang terus diupayakan oleh IAIN SAS Babel dari waktu ke waktu dalam rangka mendukung program reformasi birokrasi Kementerian Agama. Banyak aspek yang perlu diperbaiki, namun dengan kerjasama dan dukungan semua pihak, IAIN SAS Babel meyakini bahwa tujuan besar untuk menjadi satker dengan predikat zona integritas WBK dan WBBM akan dapat tercapai sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Teruslah melangkah, karena tujuan besar tak akan pernah terwujud tanpa adanya langkah pertama, demikian pesan dari jajaran pimpinan IAIN SAS Babel yang sangat bersemangat dalam mendukung program pembangunan zona integritas.

(Penulis: Heriyadi | Editor: Turmuzi)