Uji Coba UM PTKIN 2022, Berikut Cara Instal Aplikasi SSE di Smartphone dan Laptop

avatar Tong Hari
Tong Hari

1427 x dilihat
Uji Coba UM PTKIN 2022, Berikut Cara Instal Aplikasi SSE di Smartphone dan Laptop

Pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) akan segera digelar. Sebelum pelaksanaan ujian UM PTKIN 2022, terlebih dahulu calon mahasiswa akan mengikuti uji coba dengan menggunakan aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE) pada 7-10 Juni 2022.

Peserta UM PTKIN 2022 akan mengikuti uji coba aplikasi SSE sebelum melaksanakan ujian yang sebenarnya. Seperti halnya dikutip dari postingan akun Instagram @span_umptkin tentang download aplikasi SSE yang dapat diunduh pada laman: https://um-ptkin.ac.id/home/aplikasi. Kemudian diinformasikan juga, bahwa waktu untuk login hanya dapat dilakukan saat uji coba dan ujian SSE sesuai jadwal yang tertera di kartu peserta masing-masing.

Berikut tata cara instal aplikasi ujian SSE UM PTKIN 2022 :

Bagi peserta yang menggunakan smartphone – android berikut cara menginstalnya.      

  • Spesifikasi minimal perangkat ujian yakni, RAM 3 GB atau lebih tinggi. Android 8.0 (Oreo) atau lebih baru. Memiliki dan berfungsi dengan baik kamera depan, speaker dan microphone.
  • Koneksi internet untuk mengakses laman ujian. Pastikan kembali koneksi internet bisa menggunakan paket data dengan sinyal minimal 4 bar dan jaringan 3G/H+ atau yang lebih tinggi. Koneksi internet juga dapat menggunakan Wifi yang terhubung dengan jaringan internet.
  • Tata cara instal aplikasi UM PTKIN, Unduh aplikasi ujian pada laman um-ptkin.ac.id pada bagian aplikasi ujian. Atau klik laman https://um-ptkin.ac.id/home/aplikasi. Kemudian Pilih SSE UM PTKIN.apk. dan Instal pada smartphone android, cek pada beranda smartphone peserta, jika ada aplikasi SSE UM PTKIN maka instalasi telah sukses dan selesai.

Kemudian bagi peserta yang menggunakan Laptop ataupun PC Desktop

Spesifikasi minimal perangkat ujian antara lain :

  1. Prosessor Intel/AMD 1,2 Ghz atau lebih tinggi.
  2. RAM 4GB atau lebih tinggi.
  3. Memiliki dan berfungsi dengan baik webcam atau kamera depan, mouse pen dan micro phone.
  4. Bagi personal komputer wajib menggunakan webcam atau sejenisnya.
  5. Menggunakan sistem operasi windows 10.

Sementara itu, perlu juga diperhatikan tentang koneksi internet untuk mengakses laman ujian. Koneksi internet menggunakan paket data dengan sinyal minimal 4 bar dan jaringan 3G/H+ atau yang lebih tinggi. serta koneksi internet juga dapat menggunakan Wifi yang terhubung dengan jaringan internet.

Tata cara instalasi aplikasi UM PTKIN, sebagai berikut :

  1. Unduh aplikasi ujian pada laman um-ptkin.ac.id pada bagian aplikasi ujian.
  2. Pilih aplikasi yang tepat dengan perangkat ujian yang anda gunakan.
  3. Pilih SSE UM PTKIN.exe untuk pengguna windows.

Lakukan Instalasi aplikasi dengan cara, klik 2x pada aplikasi SSE UM PTKIN.exe akan tampil jendela “Windows protected your PC” kemudian pilih “More info” pilih “Run Anyway” pilih next kemudian pilih instal dan finish. Nantinya aplikasi yang sudah sukses terinstal akan terbuka langsung. Aplikasi yang sudah terinstal dapat dibuka melalui menu windows. Terdapat beberapa hal yang dilarang selama pelaksanaan ujian SSE, diantaranya peserta dilarang membuka browser, aplikasi meeting, aplikasi remote, atau terkoneksi dengan layar tambahan. Aplikasi tidak akan terbuka atau tertutup otomatis jika peserta mengakses browser, aplikasi meeting, aplikasi remote atau terkoneksi dengan layar tambahan. Instalasi dan persiapan aplikasi ujian selesai.

Peserta yang mengikuti UM PTKIN akan melaksanakan uji coba terlebih dahulu sebelum pelaksanaan ujian UM PTKIN. Peserta ujian juga diharapkan membaca secara bijak tentang panduan ujian UM PTKIN 2022 dilaksanakan dengan SSE, aplikasi tersebut harus diinstal terlebih dahulu untuk bisa mengikuti UM PTKIN

 

 

Panitia Nasional PMB PTKIN 2022