ASN IAIN SAS Babel Wajib Aktivasi Akun MySAPK BKN, Berikut Tata Cara Aktivasi Akunnya

avatar Tong Hari
Tong Hari
ASN IAIN SAS Babel  Wajib Aktivasi Akun MySAPK BKN, Berikut Tata Cara Aktivasi Akunnya

IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Rektor IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Dr. Zayadi, M.Ag. menghimbau agar Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan IAIN SAS Babel melakukan pemutakhiran data ASN secara mandiri pada aplikasi MySAPK. Hal ini berdasarkan Surat Edaran Sekjen Kementerian Agama RI Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pemutakhiran Data mandiri ASN dan Pejabat Pimpinan Tinggi Non ASN pada Kementerian Agama dan Surat Edaran Rektor IAIN SAS Babel Nomor: B.767/In.4/Kp.01.2/07/2021 Tentang Pemutakhiran Data Mandiri di Lingkungan ASN IAIN SAS Babel untuk memperoleh data ASN yang akurat, terkini dan terintegrasi yang mendukung terwujudnya Satu Data ASN secara Mandiri.

Dalam Surat Edaran Rektor IAIN SAS Babel, ASN dapat melakukan aktivasi data mandiri pada aplikasi MySAPK dengan login ke laman https://mysapk.bkn.go.id sampai dengan tanggal 31 Juli 2021 dengan mengikuti Panduan Aktivasi Akun MySAPK.

“Supaya dapat melakukan aktivasi akun masing-masing, silahkan unduh panduannya untuk mendapatkan user, password, dan email @kemenag.go.id, ASN dapat menghubungi Analis Kepegawaian IAIN SAS Babel. Beliau menyampaikan, "MySAPK merupakan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) berbasis android yang berfungsi untuk memudahkan PNS di seluruh instansi agar dapat mengakses data kepegawaiannya diantaranya Data Profil PNS, KPE Virtual, Notifikasi Layanan Kenaikan Pangkat dan Pensiun, E-Lapkin, Data KTP, BPJS Kesehatan, Taspen dan lainnya".

“Mengingat pentingnya pemutakhiran data tersebut dengan pembatasan waktu sampai akhir Juli 2021, maka jika belum mengaktifkan akun MySAPK sampai batas waktu tersebut, maka berisiko tidak akan memperoleh layanan dari BKN, seperti kenaikan pangkat, pensiun, dan lain-lain." 

 

Sementara untuk melakukan aktivasi akun MySAPK BKN, berikut tata caranya; untuk aktivasi Bapak/Ibu masuk dulu ke alamat https://pdm-asn.bkn.go.id atau buka playstore install aplikasi MySAPK (untuk pengguna HP android/IOS), kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke link Reset Password/Lupa Password terlebih dahulu
  2. Setelah itu muncul halaman lupa pasword, Masukkan NIP Anda sebagai username dan pada kolom kedua masukkan email yang terdaftar di MySAPK/SIASN untuk melakukan reset password
  3. Klik Lanjutkan
  4. Berikutnya masukan password dengan minimal 6 karakter terdiri dari minimal 1 huruf besar dan 1 angka dan baris kedua masukan Token;
  5. Token ini akan dikirim melalui email, tinggal kita buka lalu salin dan tempel saja pada aplikasi MySAPK kemudian klik Reset Password;
  6. Setelah proses selesai maka update password telah berhasil dilakukan;
  7. Tinggal kita Login di menu MySAPK dengan menggunakan username berupa NIP dan masukan password baru yang telah didaftarkan;
  8. Setelah berhasil masuk maka akan tampil Menu Home aplikasi My SAPK, tinggal menunggu menu update (Pemutakhiran Data Mandiri) bisa digunakan untuk proses update data Anda masing-masing karena saat ini masih belum bisa dilakukan (menunggu jadwal dari BKN).
  9. Apabila email yang dimasukan salah atau mendapat notifikasi Operasi Gagal, NIP atau email tidak sesuai atau maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menghubungi Analis Kepegawaiain IAIN SAS Babel.
  10. Disarankan tetap ganti password lewat email seperti langkah-langkah diatas.

Dengan adanya Pemutakhiran Data mandiri ASN, pengelolaan data kepegawaian akan dapat lebih optimal. Sehingga diharapkan data kepegawaian secara nasional akan lebih akurat khususnya pada IAIN SAS Babel.

 

(Penulis: Tong Hari/Ayaknan | Editor: Turmuzi)