DEMA IAIN SAS Bangka Belitung Gelar Pekan Kreativitas Mahasiswa

avatar Tong Hari
Tong Hari

84 x dilihat
DEMA IAIN SAS Bangka Belitung Gelar Pekan Kreativitas Mahasiswa
Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) sukses adakan kegiatan Ceremony Pembukaan Pekan Kreatifitas Mahasiswa(PKM)Tahun 2022,

DEMA IAIN SAS Bangka Belitung Gelar Pekan Kreativitas Mahasiswa
DEMA IAIN SAS Bangka Belitung Gelar Pekan Kreativitas Mahasiswa



IAINSASBABEL.AC.ID Bangka,29/11/2022. Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) sukses adakan kegiatan Ceremony Pembukaan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM)Tahun  2022, dengan mengusung tema "Menumbuhkan jiwa Aktif, Kreatif, dan Sportif demi terciptanya mahasiswa yang unggul melalui program kreativitas mahasiswa ". Agenda pembukaan diselenggarakan di Aula Gedung Serba Guna IAIN SAS Bangka Belitung Senin 28 November 2022.

Kegiatan Ceremony Pembukaan Pekan Kreativitas Mahasiswa(PKM) dihadiri langsung oleh Rektor IAIN SAS Bangka Belitung Dr. Irawan, M.S.I  yang didampingi Wakil Rektor III Dr. Muh. Misdar, M.Ag yang sekaligus menggunting pita sebagai tanda dibukanya agenda Pekan Kreatifitas Mahasiswa pada tahun ini .

Ketua Pelaksana Kiki Popiando "Ucapan rasa hormat dan terima kasih untuk seluruh elemen yang terlibat dan berpartisipasi dalam rangka suksesi agenda PKM 2022, Program kreativitas mahasiswa ini merupakan agenda tahunan Dewan Eksekutif Mahasiswa yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa di bidang minat dan bakat. 

Okta Renaldi selaku Ketua DEMA IAIN SAS Babel mengabarkan suatu kabar kemenangan bahwa hal-hal yang berkaitan dengan keterbatasan bukanlah menjadi tolak ukur sebuah hambatan dalam melaksanakan kegiatan, karena pada prinsipnya suatu kemenangan diperoleh melalui hasil mahakarya yang memiliki esensi kebermanfaatan. " Ujar Okta Renaldi.

Dalam kata sambutan selanjutnya Wakil Rektor III  Dr. Muh Misdar,M.Ag juga turut memberi pernyataan bahwa beliau berharap pekan kreativitas mahasiswa menjadi ajang seleksi untuk menghasilkan atlit-atlit yang berkualitas yang kemudian diorientasikan untuk mengikuti perlombaan di tingkatan nasional maupun internasional dalam mewakili kampus IAIN SAS Babel nantinya.

Kemudian Rektor IAIN SAS Babel Dr. Irawan, M.S.I  juga turut menyampaikan apresiasi kepada seluruh elemen yang terlibat dalam agenda ini. Beliau mendukung penuh agenda kreativitas mahasiswa karena melalui PKM, dapat mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi mereka secara minat dan bakat masing-masing.

Acara dilanjutkan dengan penampilan parade dari tiap-tiap perlombaan yang memeriahkan pekan kreativitas mahasiswa 2022 yakni Sepak bola, futsal, catur, MTQ, MSQ, dan busana muslim. Berbagai hiburan dari band SO dan penampilan hadroh dari UKM Seni dan Budaya IAIN SAS Bangka Belitung juga turut serta memeriahkan agenda Pekan Kreativitas Mahasiswa. 

Setelah  kegiatan ceremony pembukaan Pekan Kreativitas Mahasiswa(PKM) kemudian acara dilanjuti dengan seminar kebangsaan yang mengusung tema "Mahakarya Pemuda dalam Kolaborasi Membangun Negeri". Seminar Kebangsaan ini dihadiri oleh tiga pemateri luar biasa yang terdiri dari Kapten ARM Suparjana dari Pasiter Kodim 0413/BKA untuk memberikan materi peran penting pemuda dalam berbangsa dan bernegara. Kasubdit Kamsus Dit. Intel Polda Bangka Belitung, Kompol Nur Samsi, S.Ag, S.H, M.H  turut mengisi materi peran pemuda dalam mencegah radikalisme. Sebagai akademisi Prof. Dr. Hadarah Rajab, M.Ag juga turut serta memberikan materi mengenai nilai-nilai moderasi beragama di kalangan pemuda dalam menghadapi dinamika kebangsaan.

Penulis : Zaki Alhafidz

Editor   : Ika Robiantari