HMPS KPI IAIN SAS Babel Gelar Sharing and Asking With Camaba SPAN PTKIN

avatar Tong Hari
Tong Hari
HMPS KPI IAIN SAS Babel Gelar Sharing and Asking With Camaba SPAN PTKIN

IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung menggelar kegiatan Sharing and Asking With CAMABA KPI jalur SPAN-PTKIN kegiatan yang dikhususkan teruntuk para Calon Mahasiswa Baru (Camaba) KPI yang diterima lewat jalur SPAN PTKIN. Harapan HMPS KPI bagi para Camaba adalah semoga mereka betah belajar di prodi KPI dan jangan pernah ragu-ragu jika ingin meminta bantuan atau hanya ingin sharing seputar keprodian. Karena kakak-kakak tingkat dan HMPS Prodi KPI pasti akan selalu siap siaga untuk kalian. Sekali lagi “Selamat Datang” Calon mahasiswa baru prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam.

HMPS KPI mengadakan Sharing and Asking ini melalui media virtual yaitu dengan menggunakan aplikasi zoom yang dilaksanakan pada Minggu (18/4/2021) yang diikuti oleh kurang lebih 20 peserta. Kurangnya partisipan dalam kegiatan Sharing and Asking ini dikarenakan jam pelaksanaan yang kurang tepat. Hal ini terkendala oleh para pelaksana yang juga sibuk mengerjakan tugas sebagai mahasiswa.

Sharing and Asking with Calon mahasiswa baru dibekali beberapa hal penting terkait perkuliahan di HMPS KPI. Hal-hal penting tersebut meliputi proses registrasi, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) dan pengecekan Kartu Hasil Studi (KHS) yang harus dimengerti oleh calon mahasiswa. Cara-cara komunikasi yang baik juga disampaikan kepada calon mahasiswa agar interaksi antara dosen dengan mahasiswa berjalan baik dan tidak terjadi kesalahpahaman.  Selain inti kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi perihal kampus, akademik, organisasi, dan beasiswa. "Kami berupaya untuk memberikan gambaran awal kepada calon mahasiswa baru terkait dengan prodi, sehingga kedepannya mereka tidak merasa salah jurusan," tutur Dzarfan selaku Ketua HMPS KPI.

Zharfan mengatakan bahwa edukasi yang diberikan juga tentang gambaran kehidupan kampus, bagaimana menjadi mahasiswa produktif di kampus dengan berbagai pencapaian baik akademik maupun non-akademik. Selain itu, peserta diberikan tips dan kiat-kiat mendapatkan beasiswa, agar mereka memiliki semangat untuk cepat menyelesaikan studi. "Adanya sharing ini dapat membekali mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan akademik di HMPS KPI sekaligus memberikan pendampingan dan pengawalan intensif supaya kegiatan belajar dapat berjalan dengan baik. Dengan adanya iklim akademik sehat yang dirasakan mahasiswa, maka mereka dapat mengembangkan potensi dirinya lebih baik, sambungnya.

Kepada mahasiswa untuk tidak malu bertanya jika ada hal yang kurang jelas. Menyampaikan sesuatu harus dilakukan secara sopan dan sesuai budaya akademik kampus. Jika mahasiswa dapat berkomunikasi dengan baik dan sopan kepada Dosen dan orang-orang di lingkungan kampus, maka semuanya akan mudah dan tidak terjadi kesalahpahaman.

Dari kegiatan ini para Camaba akhirnya bisa punya tempat bertanya terkait masalah perkuliahan. "Dengan diadakannya sharing and asking, pikiran saya lebih terbuka dan yakin dalam menempatkan pilihan prodi di KPI, dan membuat saya lebih mengenal apa itu KPI dan juga memupuk minat saya untuk mengembangkan keahlian dibidang komunikasi yang berlandasan pada nilai keislaman," begitu kesan dari salah satu Camaba KPI yaitu Indra.

Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk calon mahasiswa baru maupun bagi mahasiswa baru dengan adanya informasi jalur masuk kuliah dan seputar beasiswa yang dapat diikuti. Peserta juga sangat antusias, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada pemateri. "Saya berharap, dengan dilakukannya kegiatan tersebut bisa membuat para CAMABA KPI 2021 yang lulus melalui jalur SPAN-PTKIN ini tidak lagi bingung, bisa memantapkan hatinya dan yakin bahwa jati dirinya ada di KPI. kemudian saya berharap para CAMABA bisa lebih membuka pikirannya bahwasanya KPI yang bernaungan dibawah fakultas dakwah ini tidak seperti yang mereka yang pikirkan yakni menjadi penceramah/dai saja," demikian pungkas Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi KPI Ari Juwari.

Kegiatan ini besar kemungkinan akan diadakan kembali bagi yang kemarin belum bisa membersamai. Selain menambah pengetahuan tentang dunia perkuliahan dan Prodi KPI juga untuk mengeratkan ukhuwah Islamiyah serta menambah relasi rekan-rekan sekalian.

Kaprodi KPI Ari Wibowo, M.Sos. menyatakan, menyambut baik acara Sharing and Asking ini penting  agar mahasiswa memiliki ketertarikan terhadap prodi KPI. Juga memberikan wawasan sisi lain dunia perkuliahan sebagai bekal jika mereka ingin studi lanjut. Salah satu langkah yang ditempuh adalah memberikan informasi tentang visi misi program studi, keunggulan, sebagai penguatan lembaga.

Ia berharap agar kegiatan ini dapat terlaksana setiap tahun dengan konsep yang berbeda-beda serta mahasiswa dapat memberikan edukasi yang berguna kedepannya. "Semoga kegiatan sederhana ini memberikan dampak baik untuk perkembangan IAIN SAS Bangka Belitung," pungkasnya.

 

(Penulis: Ayaknan /Sulistya | Editor: H. Ika Robiantari)