Indahnya Berbagi di Bulan Ramadan, Prodi Psikologi Islam IAIN SAS Babel Peduli Sesama

avatar Tong Hari
Tong Hari
Indahnya Berbagi di Bulan Ramadan, Prodi Psikologi Islam IAIN SAS Babel Peduli Sesama



IAINSASBABEL.AC.ID - PANGKALPINANG. Bulan suci Ramadan merupakan kesempatan besar sekaligus menjadi acuan bagi seluruh umat muslim untuk kembali meningkatkan kuantitas dan kualitas dalam beribadah. Mengisi bulan suci Ramadan, Prodi Psikologi Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung menggelar berbagai kegiatan sosial kepedulian bagi masyarakat di sekitar. Sebagai mahasiswa sekaligus masyarakat Bangka Belitung tentunya peran anak muda sangatlah dibutuhkan. Jika tugas mahasiswa di kampus adalah belajar maka tugas mereka dimasyarakat adalah mengabdi. Psikologi Islam  Peduli merupakan salah satu bentuk dari pengabdian mereka di masyarakat.

Psikologi Islam Peduli merupakan agenda kedua dari Hubungan Masyarakat dan Sosial (HUMAS) HIMA Prodi Psikologi Islam setelah pelatihan HUMAS yang telah dilaksanakan pada Senin, 22/2/2021.

Hidayah selaku Kepala Divisi HUMAS HIMA Prodi Psikologi Islam merasa senang dan bangga karena dapat saling  berbagi takjil kepada masyarakat yang membutuhkan walaupun Prodi Psikologi Islam masih baru di Kampus Hijau tersebut dan HIMA Prodi Psikologi Islam sangatlah baru dilantik dibanding HIMA-HIMA lain yang ada di IAIN SAS BaBel tetapi sudah bisa berkontribusi dan berkompetisi dengan baik.

Psikologi Peduli dilakukan pada Rabu di Pangkalpinang dan sekitarnya. "Psikologi Peduli tidak hanya memberi takjil melainkan juga memberi motivasi kepada masyarakat yang ditemui baik itu motivasi secara langsung maupun lewat tulisan (quotes) yang ditempel di setiap kotak takjil. Hal ini bertujuan agar masyarakat yang menerimanya tidak hanya berbuka puasa lewat menu yang kami sajikan melainkan juga mendapat ilmu baru dan motivasi hidup biar lebih baik lagi dari yang sekarang." Pungkas Hidayah.

Kadiv HUMAS HIMA Prodi Psikologi Islam ini berharap Psikologi Peduli tidak hanya hari ini saja melainkan bisa berlanjut disetiap saat baik di Ramadan tahun depan ataupun dikesempatan lainnya agar banyak orang-orang disekitar kita yang membutuhkan lebih terkonfirmasi serta bentuk Psikologi Pedulinya bisa berubah-ubah sesuai dengan pengabdiannya.

Kaprodi Psikologi Islam Yandi Hafizallah,M.A. saat dikonfirmasi menyampaikan, "apresiasi dari saya atas kepekaan sosial dari adik-adik dan semangat untuk kalian semua. Lanjutkan kegiatan positifnya, untuk membangun serta menjalin interaksi sosial terhadap masyarakat ditengah pandemi, tentu momen bulan Ramadan yang penuh berkah ini kita manfaatkan sebaik-baiknya selain membangun hablum minallah kita juga harus memperbaiki hablum minannas kita."

Semoga bermanfaat bagi orang lain bahwa kegiatan di bulan suci Ramadan ini diharapkan dapat membantu sesama. Prodi Psikologi Islam juga menginginkan berbagi kebahagian ditengah pandemi ini dengan saudara-saudara yang membutuhkan bantuan. Selain itu, dengan berbagi setiap orang bisa meningkatkan rasa empati dan kepedualiannya terhadap keadaan orang-orang di sekitarnya yang belum beruntung.

Semoga apa yang kita lakukan hari ini tidak sebatas di bulan ini saja, akan tetapi kegiatan sosial berhak kita lakukan kapan dan dimana saja, karena berkorban adalah hati nurani yang memanggil," harap Yandi.

 

(Penulis : Tong Hari/Ayaknan & Hidayah | Editor: Turmuzi)