Keluarga Besar Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) adakan Seminar Administrasi dan Keuangan dalam Organisasi

avatar Tong Hari
Tong Hari
Keluarga Besar Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) adakan Seminar Administrasi dan Keuangan dalam Organisasi
Seminar Administrasi dan Keuangan Dalam Organisasi



Foto Bersama Narasumber dan Peserta Seminar Administrasi dan Keuangan Dalam Organisasi
Foto Bersama Narasumber dan Peserta Seminar Administrasi dan Keuangan Dalam Organisasi

IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Keluarga Besar Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung mengelar Seminar Administrasi Kearsipan dan Keuangan mengangkat tema “Mewujudkan Pengeloalaan  Administrasi Kearsipan dan Keuangan dalam Organisasi yang Tertib, Profesional dan Akuntabel”. Seminar dilaksanakan di Gedung Terpadu Lantai II, peserta yang hadir merupakan Keluarga Besar Mahasiswa FDKI IAIN SAS Babel, Sabtu (27/3/2021). 

Sebanyak 30 peserta yang merupakan perwakilan dari Senat Mahasiswa Fakultas (Sema Fakultas), Himpunan Mahasiswa Prodi (Hima Prodi), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan mahasiswa. Seminar Administrasi Kearsipan dan Keuangan adalah kegiatan untuk melatih pengurus Sema Fakultas, Hima Prodi di FDKI dalam hal tata cara aturan penulisan surat dan administrasi di dalam suatu organisasi, serta pelatihan kebendaharaan mengenai laporan-laporan keuangan. Acara ini dihadiri oleh seluruh pengurus Sema Fakultas, Hima Prodi  dan narasumber adalah JFT Arsiparis Dra. Enita Sari, M.E  dan JFT Analis Pengelolaan Keuangan APBN Nelly Sanawiyah, S.Sos., M.M.

Dalam menyampaikan materi kearsipan, Enita Sari mengatakan bahwa kegiatan ini penting, tujuannya supaya mereka bisa menyusun surat dan dokumen-dokumen lainnya,  selain itu juga harus bisa mengelola arsip seperti menyimpan, merawat dan menggunakan arsip tersebut hingga batas waktu tertentu (sesuai jadwal retensi dokumen). Dengan diadakan untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam berorganisasi. “Mahasiswa tidak hanya pandai secara akademis, namun juga harus pandai dalam berorganisasi, karena kelak akan terjun langsung ke dalam organisasi-organisasi kemasyarakatan”. Beliau juga berpesan agar pada saat seminar berlangsung peserta dapat menyerap materi dengan baik dan tetap mengikuti protokol kesehatan mengingat kondisi saat ini masih berada pada situasi pandemi COVID-19. "Semoga kegiatan seperti ini bisa diikuti oleh ormawa-ormawa di Fakultas lainnya," ujar Enita.

Nelly sebagai narasumber pada pelatihan ini juga menjelaskan kepada peserta mengenai proses perencanaan seperti mekanisme pengusulan SK Kepanitiaan, Penyusunan Term of Reference (TOR), dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang harus mengacu pada Standar Biaya Internal (SBI). Selanjutnya juga ada pembahasan tentang proses monitoring dan evaluasi kegiatan, sampai pada proses akhir berupa penyajian laporan pertanggungjawaban kegiatan, baik dari aspek akademik maupun keuangannya.

Materi yang disampaikan oleh kedua narasumber yaitu mengenai aturan surat menyurat, arsiparis, laporan keuangan baik laporan unjuk kerja, laporan kegiatan maupun laporan keuangan dalam organisasi. Kegiatan ini sangat penting dilaksanakan karena di dalam suatu organisasi khususnya Hima Prodi, tentu ada sebuah penataan tata administrasi, surat menyurat maupun laporan keuangan yang merupakan hal yang sangat penting. Kegiatan  ini juga ditujukan sejatinya kepada generasi penerus Hima Prodi terkhusus bagi mereka yang terpilih menjadi sekretaris dan bendahara, baik dalam suatu kegiatan maupun organisasi. Maka mereka telah memahami tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan.

Suasana pada saat acara berlangsung cukup mendukung karena semua peserta yang hadir memperhatikan apa yang disampaikan oleh narasumber. Alhamdulillah tidak ada kendala saat acara berlangsung dan berjalan dengan lancar. “Semoga ilmu yang diberikan oleh narasumber bisa bermanfaat untuk kedepannya baik untuk Sema Fakultas, Hima prodi  maupun organisasi lain, dan harapan saya untuk program kerja  lainnya agar bisa dilaksanakan dengan baik dan bisa menjadikan Hima Prodi  lebih maju dan unggul untuk kedepannya, ” ujar Nelly.

"Seminar ini tidak akan berjalan tanpa ada panitia yang mendukung satu sama lain. Diharapkan ilmu yang diberikan dapat diaplikasikan dan semoga bermanfaat bagi pengurus Sema Fakultas, Hima Prodi agar menjadi organisasi yang tertib melalui optimalisasi administrasi kearsipan dan keuangan," tutup Nelly.

 

(Penulis: Tong Hari/Ayaknan | Editor: H. Ika Robiantari)