Kuatkan Ikatan Kekeluargaan, IAIN SAS Babel Adakan PBAR

avatar Mega Paraiyannie
Mega Paraiyannie
Kuatkan Ikatan Kekeluargaan, IAIN SAS Babel Adakan PBAR


IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Pramuka Gugus Depan 04.041-04.042 Racana Tuan Guru Sapat dan Salmah Amnati Basis IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung adakan kegiatan Pengenalan Budaya dan Adat Racana (PBAR) di lingkungan Kampus IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Sabtu (27/2/2021).

Kegiatan ini bertema "Budaya dan Adat Dasar Pelengkap Generasi Unggul Pramuka sebagai Sumber Daya Manusia untuk Indonesia." Acara pembukaan dihadiri oleh Ketua Dewan Racana Putri, anggota Racana, dan peserta PBAR yang merupakan warga Racana angkatan XII.

“Kegiatan PBAR bertujuan sebagai wadah untuk memperkenalkan budaya dan adat yang ada dalam pramuka Racana IAIN SAS Bangka Belitung, agar para anggota pramuka khususnya lebih mengenal dan bisa mengamalkannya dalam kehidupan sanggar dan kehidupan sehari hari tentunya,” ungkap Yulita selaku Ketua Pelaksana Kegiatan.

Rangkaian kegiatan PBAR  terdiri dari Pengenalan Budaya dan Adat Racana, Materi Sejarah berdirinya Pramuka IAIN SAS Bangka Belitung, Pembagian Anggota per Divisi Bidang dan Unit, dan Pelantikan Anggota Warga Racana XII.

Kak Silatur Rahmi selaku pemateri tentang Sejarah Berdirinya Pramuka IAIN SAS  Bangka Belitung  berbagi cerita bagaimana pramuka IAIN berdiri dan berbagi pengalamannya. "Kegiatan yang sangat berguna karena anggota Racana yang baru dapat lebih mengenal Racana mulai dari sejarah adat Racana, kegiatan Racana baik lokal maupun nasional, dan harapan saya dengan adanya kegiatan PBAR akan terbentuk ikatan kekeluargaan sesama anggota Racana. Dan dengan itu, semua anggota Racana merasa memiliki Racana dan pastinya akan lebih mencintai Racana sehingga berusaha semaksimal mungkin agar Racana semakin jaya dari tahun ke tahun," ungkapnya.

Kegiatan Pengenalan Budaya dan Adat Racana ini pula sekaligus diadakannya pelantikan warga Racana XII 2021 dimana pelantikan tersebut disertai dengan prosesi penyiraman anggota baru dengan air bunga dan secara langsung dilantik oleh Kak Nasrun Supardi, M.A selaku pembina putra dari Racana Tuan Guru Sapat Pramuka IAIN SAS Bangka Belitung yang dilaksanakan diakhir penutupan kegiatan PBAR Racana.

Diakhir kegiatan, semua anggota Racana menyambut hangat atas bergabungnya anggota warga Racana baru IAIN SAS Bangka Belitung.