Litapdimas IAIN SAS Bangka Belitung Loloskan 31 Judul Proposal Penelitian

avatar Tong Hari
Tong Hari
Litapdimas IAIN SAS Bangka Belitung Loloskan 31 Judul  Proposal Penelitian
Ketua LPPM: Dr. Suparta, M.Ag.

IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung sebagai pusat pengembangan ilmu dan profesi dalam bidang penelitian berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas penelitian dosen melalui program penelitian kompetitif, mengingat penelitian merupakan salah satu unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi yang perlu dilaksanakan oleh sivitas akademika. Program bantuan penelitian oleh dosen di lingkungan IAIN SAS Babel  merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh Pusat Penelitian dan Penelitian LP2M IAIN SAS Babel.

 Agenda pelaksanaannya dilakukan secara transparan melalui akun Litapdimas masing-masing dosen dan dinilai secara profesional oleh tim reviewer nasional. Hasi-hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan sumbangsih keilmuan dan rujukan bagi para praktisi dalam melakukan berbagai kebijakan sesuai dengan kajian akademis. Berdasarkan hasil penilaian seminar proposal dan hasil rapat reviewer, 31 proposal lulus seleksi yaitu Klaster Pembinaan/Kapasitas sebanyak 13 judul, Klaster Dasar Pengembangan Prodi sebanyak 11 judul, Klaster Dasar Interdisipliner  sebanyak 2 judul, Klaster Pengembangan Pendidikan Tinggi sebanyak 3 judul, dan Klaster Peningkatan Kapasitas Pengabdian kepada Masyarakat  sebanyak 2 judul.

Proposal penelitian diajukan secara langsung oleh peneliti melalui aplikasi Penelitian, Publikasi Ilmiah, dan Pengabdian kepada Masyarakat (Litapdimas) dengan akun masing-masing dosen calon peneliti. Tema penelitian yang dibuka juga merujuk pada tema yang tertuang di dalam Agenda Riset Keagamaan Nasional (ARKAN) Tahun 2018-2028. Tercatat sampai pada tanggal akhir yang sudah ditentukan, telah masuk sejumlah 38 Proposal penelitian di Litapdimas dengan berbagai judul. Semua proposal tersebut kemudian memasuki tahap seleksi dengan prosedur penerimaan melalui beberapa tahapan yaitu, tahap uji plagiasi, tahap penilaian oleh reviewer pada aspek substansi proposal melalui aplikasi Litapdimas dan penilaian pada aspek kualitas proposal berdasarkan yang disampaikan oleh calon peneliti melalui presentasi.

Kami mengucapkan apresiasi kepada seluruh pengusul yang telah ikut berpartisipasi dan selamat kepada para Peneliti yang telah dinyatakan lolos seleksi.  Proposal penelitian tersebut diharapkan mampu menjadi penggerak bagi para Dosen di lingkungan IAIN SAS Babel untuk lebih terpacu meningkatkan jumlah penelitian sehingga dapat dijadikan salah satu aspek penilaian peningkatan akreditasi program studi dari masing-masing fakultas, kata Ketua LP2M Dr. Suparta, M.Ag.

 

(Penulis: Tong Hari/Ayaknan | Editor: Turmuzi)