PBAK IAIN SAS BANGKA BELITUNG GELAR SECARA VIRTUAL - 2

avatar Administrator
Administrator
PBAK IAIN SAS BANGKA BELITUNG GELAR SECARA VIRTUAL - 2

Bangka (IAINSAS)-IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung telah melaksanakan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun Ajaran 2020/2021 yang merupakan ajang istimewa setiap tahunnya bagi Mahasiswa Baru. Mengingat situasi pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), IAIN SAS Babel menggelar PBAK secara daring melalui zoom meeting, live streaming youtube dan webtour yang dilaksanakan selama tiga hari mulai dari tanggal 01-03 Oktober 2020. Pada Kamis (01/10) yang merupakan pembukaan PBAK yang mengusung tema “Membentuk Cendekiawan Muslim Yang Memiliki Nilai-nilai Kearifan dan Moralitas serta Profesional”.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN, Dr. Zayadi, M.Ag mengucapkan selamat datang bagi para mahasiswa baru tahun angkatan 2020 yang berjumlah 823 orang. “PBAK ditengah pandemi ini akan menjadi sejarah bagi institusi kita, PBAK Virtual pertama yang disiarkan langsung melalui zoom meeting dan live streaming youtube.Selamat datang bagi seluruh mahasiswa baru yang berjumlah 823 orang.Anak-anak semua sudah resmi menjadi Mahasiswa, yang sebelumnya dengan sebutan siswa, Mahanya siswa.Identitas baru anak-anak semua ini tergantung dengan banyak hal, salah satunya sebagai identitas pelaku perubahan, identitas sebagai cendikiawan dan ilmuan.Oleh sebab itu, mahasiswa harus menjunjung tinggi identitas kita sebagai agen perubahan dengan perilaku kita yang mencerminkan kita sebagai Mahasiswa”, tutur Zayadi.

PBAK 2020 memiliki keistimewaan tersendiri, yang membuat panitia dan mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan teknologi informasi di era digitan 4.0 ini, semoga konsisten dan selalu mampu beradaptasi dalam perkembangan zaman yang seperti apapun. Selamat datang mahasiswa baru tahun 2020 IAIN SAS Babel, semoga mampu mengenal lebih kehidupan dan budaya kampus dengan materi pada saat PBAK berlagsung, serta mengimplementasikan peran dan fungsi mahasiswa dengan sebaik-baiknya dilingkungan kampus maupun masyarakat dengan kelebihan masing-masing, ujar Wahyu Akmal Presiden Mahasiswa IAIN SAS Babel.
 

Koordinator Mahasiswa PBAK Yudi Dwiasyah Seftiawan menuturkan, “PBAK merupakan ajang yang sangat penting bagi perguruan tinggi, karena disitulah mahasiswa baru dapat belajar dan mengenal budaya kampus. Namun tidak hanya itu, pelaksanaan juga menjadi hal yang harus diperhatikan mengingat kondisi saat ini bukanlah menjadi penghambat bagi kami, dengan memberdayakan media yang ada merupakan solusi terbaik.
 

PBAK kali ini bisa dikatakan kegiatan yang luarbiasa dengan dukungan media yang menurut saya sangat bagus, apalagi dengan konsep yang sangat matang, semua dipersiapkan selama kurang lebih 2 bulan dan ditambah lagi konsep pembukaan yang menggabungkan media zoom dan live streaming diYoutube menggunakan alat media yang paling terniat dan disambut dengan webtour sebagai media pengisi materi PBAK yang sebelumnya belum pernah dilakukan oleh kampus-kampus lain”. “Pelaksanaan PBAK 2020 ini bukanlah ajang balas dendam apalagi mengarah ke unsur kekerasan.Sekali lagi PBAK ini dilaksanakan guna untuk mengenalkan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan”, tambahnya.
 

Penulis : Mega Paraiyannie