Pendaftaran Jalur UM-PTKIN IAIN SAS Babel Tahun 2021 Resmi Dibuka

avatar Tong Hari
Tong Hari
Pendaftaran Jalur UM-PTKIN IAIN SAS Babel Tahun 2021 Resmi Dibuka

IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Panitia Nasional SPAN-UM PTKIN melaksanakan sosialisasi  pendaftaran UM-PTKIN secara virtual melalui aplikasi Zoom, Rabu (31/3/2021). Kegiatan ini diikuti oleh Bagian Akademik dan Humas PTKIN di seluruh Indonesia. Dalam paparan panitia nasional SPAN-UM PTKIN menjelaskan bahwa pendaftaran UM-PTKIN dimulai 1-30  April 2021. Pendaftaran dilakukan secara daring dengan mengunjungi laman UM-PTKIN di https://um-ptkin.ac.id. Proses pendaftarannya, peserta akan diminta untuk melengkapi biodata sesuai dokumen resmi, data pendidikan, data nilai rapor dan survey pelaksanaan UM-PTKIN.

 

Jadwal Pelaksanaan

Pendaftaran/Pembayaran: 1 April – 30 April 2021
Finalisasi Pendaftaran: 1 April – 6 Mei 2021
Pelaksanaan Ujian: 24 Mei – 02 Juni 2021
Pengumuman: 17 Juni 2021

 

Jika data sudah lengkap, peserta akan diarahkan ke proses pembayaran. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000 ( Dua Ratus Ribu Rupiah), proses pembayaran ada dua metode yang disediakan yaitu melalui BNI dan Bank lain (Virtual Account). Selanjutnya, peserta diminta untuk mencetak Slip Instruksi Pembayaran (SIP) yang akan digunakan sebagai login pendaftaran. Setelah melakukan pembayaran uang pendaftaran, peserta bisa memilih program studi dan universitas di laman  https://um-ptkin.ac.id. Adapun berkas-berkas yang perlu dipersiapkan yaitu nomor SIP dan PIN, pas foto berlatar Merah/Biru ukuran 3×4 dengan size minimal 1 MB dan foto ijazah/ Rapor/ Kartu Pelajar.

Dalam pemilihan Program Studi, peserta dapat memilih tiga program studi pada PTKIN yang berbeda ada 58 PTKIN dan 1 PTN yang ada di bawah koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama. Setelah melakukan pendaftaran, peserta wajib mencetak kartu peserta ujian dan mengikuti semua petunjuk yang ada pada kartu ujian, mulai tahapan installasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE), Tata tertib mengikuti SSE UM-PTKIN 2021, mengikuti jadwal ujian ujicoba SSE sampai dengan Ujian SSE.

IAIN SAS Babel merupakan salah satu universitas yang menerima mahasiswa baru tahun 2021 melalui jalur UM-PTKIN dengan daya tampung Peserta/Tes SSE sebanyak 720 peserta. Adapun Program Studi yang ditawarkan di IAIN SAS Babel terdiri dari :

Fakultas  Tarbiyah

  1. Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI),
  2. Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD),
  3. Prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI),
  4. Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA),
  5. Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI).

Fakultas  Dakwah dan Komunikasi  Islam

  1. Prodi Bimbingan Konseling Islam (BKI),
  2. Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI),
  3. Prodi Psikologi Islam (PI),
  4. Prodi Jurnalistik Islam (JI).

Fakultas  Syariah dan Ekonomi Islam

  1. Prodi Perbankan Syariah (PS),
  2. Prodi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah),
  3. Prodi Akuntansi Syariah (AS).

Pihak IAIN SAS Babel akan berupaya semaksimal mungkin dalam mensukseskan pelaksanaan UM-PTKIN dan PMB Mandiri  dan memberikan pelayanan informasi bagi sekolah dan seluruh calon mahasiswa. Segala informasi dapat ditanyakan langsung kepada panitia lokal IAIN SAS Bangka Belitung. Informasi terkait Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur UM-PTKIN dan PMB Mandiri juga dapat diakses melalui laman www.iainsasbabel.ac.id, Instagram di @iainbabel, Facebook di @iainsasbabel dan Twitter di @iainsasbabel.

 

(Penulis: Tong Hari/Ayaknan | Editor: H. Ika Robiantari)