Hasil Penilaian Kualitatif Calon Rektor IAIN SAS Bangka Belitung Akan Diserahkan ke Kemenag

avatar Tong Hari
Tong Hari
Hasil Penilaian Kualitatif Calon Rektor IAIN SAS Bangka Belitung Akan Diserahkan ke Kemenag
Foto Bersama Ketua Senat,Rektor dan Calon Rektor Peroide 2022-2026

Penyerahan Berkas Calon Rektor Dari Rektor Ke Ketua Senat IAIN SAS Bangka Belitung
Penyerahan Berkas Calon Rektor Dari Rektor Ke Ketua Senat IAIN SAS Bangka Belitung






Bangka,11/1/2022. Senat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik (SAS) Bangka Belitung menggelar sidang tertutup dalam rangka pemberian pertimbangan kualitatif bakal calon Rektor periode 2022-2026. Sidang Senat berlangsung satu hari Tanggal 11/1/2022 bertempat di Aula Gedung Terpadu Lantai II.

Sidang Senat dibuka oleh Ketua Senat IAIN SAS Bangka Belitung Dr.Ahmad Irvani,M.Ag Secara berurutan, rangkaian kegiatan Sidang Senat meliputi pembacaan tata tertib sidang, pengisian data pernyataan kualifikasi diri (PKD) oleh calon Rektor, paparan dan penilaian PKD, serta penyerahan hasil pertimbangan kualitatif dari Senat IAIN SAS Bangka Belitung kepada Rektor IAIN SAS Bangka Belitung.

Ketua Senat IAIN SAS Bangka Belitung, Dr. Ahmad Irvani,M.Ag, menyatakan bahwa pertimbangan kualitatif calon Rektor ini merupakan bagian dari proses penjaringan calon Rektor IAIN SAS Bangka Belitung. Tata tertib dan mekanisme sidang berpedoman pada Peraturan Menteri Agama Nomor 68 Tahun 2015 dan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 3151 Tahun 2020.

Menurut Dr. Ahmad Irvani,M.Ag pertimbangan kualitatif bakal calon Rektor meliputi 6 (enam) aspek, yaitu moralitas atau integritas, kepemimpinan, manajerial, kompetensi akademik, jaringan kerja sama, serta visi, misi dan program kerja. “Hasil pertimbangan kualitatif ini nanti akan disampaikan secepatnya kepada Menteri Agama melalui Rektor. Pungkasnya.

Ketua Senat IAIN SAS Bangka Belitung mengungkapkan telah melakukan rangkaian proses mulai dari pemberian pertimbangan kualitatif kepada calon rektor oleh senat. Setelah melakukan pertimbangan penilaian kualitatif kepada calon rektor oleh seluruh anggota Senat. Selanjutnya, pihaknya menyerahkan hasil dan dokumentasi pertimbangan kualitatif Calon Rektor kepada Menteri Agama melalui Rektor. Tutup Beliau.

Pada kesempatan yang sama, Rektor IAIN SAS Bangka Belitung Dr. Zayadi, M.Ag menjelaskan bahwa pada prinsipnya semua calon Rektor yang sudah lolos verifikasi administrasi mempunyai kompetensi kepemimpinan, reputasi akademik, dan integritas yang baik. “Saya percaya bahwa semua calon Rektor adalah orang-orang yang baik.

Namun demikian, sebagaimana umumnya suatu kompetisi, tentu harus ada uji kompetensi untuk menentukan satu orang yang terbaik di antara beberapa kandidat yang baik. Menurut Rektor Sidang Senat dalam rangka pemberian pertimbangan kualitatif ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara detail atau terperinci mengenai track record dan program kerja yang akan ditempuh oleh para calon dalam memimpin dan memajukan IAIN SAS Bangka Belitung ke depan.

Sebagaimana diketahui, Panitia Penjaringan Calon Rektor IAIN SAS Bangka Belitung Periode 2022 – 2026 telah berhasil menjaring 8 (Delapan) dosen di lingkungan IAIN SAS Bangka Belitung sebagai calon Rektor melalui proses verifikasi administrasi.

1. Dr. Hadarah, M.Ag.(Dekan Fakultas Tarbiyah);

2. Dr. Irawan, M.S.I. (Ketua LPM);

3. Dr. H. Iskandar, M.Hum. ( Direktur Pascasarajana);

4. Dr. Suparta, M.Ag. (Ketua LP2M);

5. Prof. Dr. H. Hatamar, M.Ag. (Wakil Rektor II);

6. Dr. H. Janawi, M.Ag. (Wakil Rektor III);

7. Dr. H. Muh. Misdar, M.Ag. (Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam);

8. Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag. (Wakil Rektor I)

 

Penulis : Ayaknan