Ma’had Al-Jami’ah IAIN SAS Bangka Belitung Gelar Tabligh Akbar Menyambut Ramadhan 1442 H

avatar Tong Hari
Tong Hari
Ma’had Al-Jami’ah IAIN SAS Bangka Belitung Gelar Tabligh Akbar Menyambut Ramadhan 1442 H
Tabligh Akbar Menyambut Ramadhan 1442 H

IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Ma’had Al-Jami’ah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung gelar Tausiyah Akbar menyambut bulan Ramadhan dengan mengusung tema “Menjadi Ahlul Qur’an Bersama Ramadhan Penuh Keberkahan”. Minggu (11/4/2021). 

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Mudir Ma’had, Ustadz, Ustadzah dan diikuti oleh puluhan mahasantri Ma’had Al-Jami`ah IAIN SAS Bangka Belitung yang terbagi dalam luring dan daring. Secara luring ini bertempatkan di gedung aula Ma’had sedangkan mahasantri di luar wilayah pulau Bangka dan yang berhalangan hadir mengikuti tausiyah akbar ini melalui aplikasi meet.

Ustadz M. Edy Waluyo, M.S.I selaku Mudir Ma’had Al-Jami’ah IAIN SAS Bangka Belitung menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasantri Ma’had al-Jami’ah  dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H. 

“Semangat yang dibangun adalah optimalisasi waktu untuk belajar dan menerjemahkan spirit al-Qur’an. Belajar al-Qur’an dengan benar dalam arti belajar dari guru yang bersanad dan mengamalkannya dengan manhaj ahlussunnah wal jama’ah.” Tambah beliau saat diwawancarai (11/4/2021). 

Sementara itu, Devisa, mahasantri Ma’had yang mengikuti kegiatan secara langsung mengungkapkan bahwa Tabligh Akbar ini sangat bermanfaat. 

“Tabligh Akbar ini sangat bermanfaat untuk kita. Bisa lebih kenal dengan mahasantri baru dengan kegiatan luring ini. Sudah lama juga ngga kumpul sama Ustadz Ustadzah sejak masa pandemi setahun lalu.”

Dilain kesempatan, Mutiara Andini, satu diantara beberapa mahasantri Ma’had yang mengikuti kegiatan ini dengan daring melalui meet mengaku acara ini sangat bagus karena di kala pandemi Ma’had masih bisa berkreasi menyelenggarakan Tabligh Akbar ini.

“Tidak menutup kemungkinan bahwa kegiatan itu ternyata bisa dilakukan dan dengan nuansa yang sangat khusyuk dan khidmat. Intinya banyak energi positif yang kita dapatkan.” Tutupnya saat diwawancarai. (11/4/2021).

(Penulis: Nur Fadila)