Tandatangani MoU, YBM PLN Beri Beasiswa Cahaya Pintar Bagi Mahasiswa IAIN SAS Bangka Belitung

avatar Tong Hari
Tong Hari
Tandatangani MoU, YBM PLN  Beri Beasiswa Cahaya Pintar Bagi Mahasiswa IAIN SAS Bangka Belitung
Rektor IAIN SAS Bangka Belitung Dr. Zayadi, M.Ag Dengan perwakilan YBM PLN dari Unit Induk Wilayah Bangka Belitung




IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung lakukan kerjasama dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor IAIN SAS Bangka Belitung Dr. Zayadi, M.Ag., disaksikan perwakilan YBM PLN dari Unit Induk Wilayah Bangka Belitung. Acara tersebut berlangsung di Gedung Terpadu Lantai III. Selasa (11/1/2022).

Diketahui, kerjasama tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan percepatan pembangunan kompetensi sumberdaya manusia di Indonesia dengan ikut membantu pemerintah melalui program Beasiswa Cahaya Pintar yang diperuntukkan kepada mahasiswa seluruh Indonesia, termasuk di IAIN SAS Bangka Belitung sehingga dapat membantu mahasiswa agar fokus belajar, tidak memikirkan pembiayaan dan memberatkan orang tua, terutama mahasiswa IAIN SAS Babel dari keluarga tidak mampu. Terkhusus untuk mahasiswa kami, semoga dengan adanya program bantuan beasiswa ini mahasiswa kami dapat terpacu untuk dapat menyelesaikan studinya, jadi tidak ada alasan lagi untuk mereka tidak dapat menyelesaikan kuliahnya.” Terangnya.

Rektor IAIN SAS Bangka Belitung menyambut baik kegiatan MoU tersebut. Ia mengatakan disaat pandemi Covid-19 ini tentu saja mahasiswa membutuhkan subsidi dari berbagai pihak. “Kami sampaikan ucapan terimakasih kepada Yayasan Baitul Maal PLN yang telah bekerjasama dengan IAIN SAS Bangka Belitung. Semoga kerjasama ini terus berlanjut, apalagi saat ini IAIN SAS Babel menuju sebuah lembaga perguruan tinggi Islam yang membutuhkan mitra dari berbagai pihak dalam rangka melahirkan SDM berkualitas,” tukas Rektor.

Rektor juga berharap agar sinergitas antara IAIN SAS Babel dengan Yayasan Baitul Maal PLN dapat terus terjalin. Bagi Rektor, bantuan berupa beasiswa tersebut tentu sangat dinantikan oleh para mahasiswa apalagi ditengah pandemi Covid-19 ini. “Kedatangan pihak YBM PLN ini tentu membawa keberkahan, dan mahasiswa tentu sangat membutuhkan bantuan subsidi. Oleh karena itu, saya harap para pengelola beasiswa nantinya dapat menyalurkan kepada mahasiswa yang berhak menerimanya sesuai dengan SOP yang ada,” tutup Rektor.

Sementara itu,  A. Fakul Rohman Wakil Ketua YBM PLN Babel, sebagai perwakilan manajemen PLN Babel, dalam sambutannya ia menuturkan kegembiraan karena bisa bekerjasama dengan lembaga IAIN SAS Babel dalam penyelenggaraan program beasiswa cahaya pintar. “Kami senang bisa kolaborasi dengan IAIN SAS Babel. Salah satu program kami yakni memberikan bantuan kepada mahasiswa di seluruh Indonesia. Dana dari program beasiswa ini didapat dari hasil potongan zakat 2,5 % gaji pegawai PLN perbulan, sehingga dapat mewujudkan visi misi YBM PLN untuk mensejahterahkan umat, tidak banyak yang kami minta, hanya mohon doakan kami karyawan selalu diberikan sehat jasmani dan rohani, sehingga kami dapat terus bekerja,” ujarnya.

Bantuan ini merupakan hasil zakat, infaq dan shodaqoh dari seluruh karyawan PLN se-Indonesia. Menurut informasi yang terhimpun, Beasiswa Cahaya Pintar akan disalurkan kepada minimal 50 mahasiswa IAIN SAS Babel sesuai dengan SOP yang ditentukan oleh YBM PLN. Selain itu, disepakati juga dalam MoU tersebut agar kedua pihak antara IAIN SAS Babel dengan Yayasan Baitul Maal PLN dapat saling bahu membahu mendukung program yang direncanakan dari masing-masing pihak.

 

 

(Penulis : Tong Hari/Ayaknan | Editor: Turmuzi)