Tingkatkan Kualitas Menulis Mahasiswa, FDKI Gelar Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah

avatar Tong Hari
Tong Hari
Tingkatkan Kualitas Menulis Mahasiswa, FDKI Gelar Pelatihan Penulisan Jurnal  Ilmiah

IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Kehadiran Open Journal System (OJS) di dunia penerbitan jurnal membawa angin segar bagi para pengelolanya karena mampu memangkas waktu serta tenaga yang diperlukan dalam proses mengelola jurnal. Jurnal adalah hal yang penting diketahui oleh dosen dan mahasiswa, oleh karena itu Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam selenggarakan "Ngobrol Jurnal".  

Melalui Via Zoom Acara dipandu oleh Al Fakhri Zakirman, MA sekaligus (Editor in Chief Jurnal DIALOKA). Acara yang diselenggarakan secara daring pada hari Ahad 24 Oktober 2021 pukul 13.00 siang yang dihadiri oleh 94 orang mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam.

Pada kesempatan ini, narasumber ngobrol jurnal adalah Oktarizal Drianus, M.Psi. (Sekretaris LPPM). Okta menyampaikan bahwa jurnal sangat penting diketahui bagi mahasiswa, selain untuk peningkatan Akreditasi Prodi, juga berguna bagi mahasiswa yang berencana melanjutkan studi.  

Pelatihan ini menurut saya sangat bagus dan bermanfaat sekali karena dengan pelatihan ini kita bisa tahu bagaimana cara membuat akun jurnal dan artikel. Tentunya memudahkan semester akhir ketika nanti publikasi skripsi atau artikel ilmiahnya,” ungkapnya.

Okta juga menjelaskan tentang struktur artikel, pengenalan terhadap jurnal-jurnal yang ada di IAIN SAS Babel dan cara mensubmit artikel ke Open Journal System 3.0. Kegiatan ini juga mengenalkan kepada mahasiswa tentang jurnal khusus bagi mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN SAS Babel, yaitu DIALOKA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi Islam. Selamat Datang Jurnal Dialoka, semoga konsisten! (TS/IS/MSI)

 

Penulis : Al Fakhri Zakirman