Tingkatkan Publikasi Penelitian, FDKI IAIN SAS Bangka Belitung Gelar Seminar Hasil dan Diseminasi Penelitian

avatar Tong Hari
Tong Hari
Tingkatkan Publikasi Penelitian, FDKI IAIN SAS Bangka Belitung Gelar Seminar Hasil dan Diseminasi Penelitian



IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI)  menggelar Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Hibah Fakultas tahun 2021, di Aula gedung FDKI, Jumat (26/11/2021).

Sebagai upaya peningkatan kompetensi dosen dalam mengimplementasikan Tri Darma Perguruan Tinggi. Kepala LPPM yang diwakili oleh Sekretaris Okta Drianus, M.Psi. mengatakan kegiatan hari ini merupakan bagian dari penelitian dan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan dosen “Semua penelitian dan pengabdian direview untuk juga mendapatkan evaluasi”.

Turut dihadiri narasumber dan bertindak sebagai reviewer laporan penelitian yaitu Prof. Dr. H. Hatamar, M.Ag. (Wakil Rektor II) dan Dr. Zaprulkhan, M.S.I (Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam ). Menurut dia, ke depan diharapkan juga dapat lebih banyak lagi penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam. Berpesan kepada peserta seminar agar hasil penelitian ini tidak hanya sebatas laporan, ujar beliau.

Dengan Judul Penelitian Pengaruh  Kemampuan Self  Regulation Terhadap  Resiliensi Siswa Selama  Proses  Pembajaran Jarak  Jauh pada Masa Pandemi  Covid 19 di SMA Bangka Ketua Tim Yandi Hafizallah, M.A dan Zulkarnain, M.A.,

Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Kasus Putus Sekolah Selama  Pandemi Covid 19 di Sekolah Menengah Kejuruan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ketua Tim Nurviyanti, M.Pd.I., Muhammad Sholeh Marsudi, M.A dan Alfakhri Zakirman, M.A.,

Gerakan Literasi Digital di Sekolah: Realisasi Penerapan Konsep dan Materi Etika Digital Bagi Siswa SMA / MA di Kabupaten Bangka, Ketua Musa, M.Kom.I., Aisyah Pratiwi, M.Pd., Safril, M.Sos.

Framing Pemberitaan Covid 19 Tentang Realitas Sosial Pasca Idul Fitri di Media Online Kompas.com dan Bangka Pos.com, Ketua Sekar Putri, M.A, Rafles Abdi Kusuma, M.A dan Amrullah M.S.I

Prof. Dr. H. Hatamar, M.Ag menyampaikan, perlu adanya keseriusan dan pendalaman pengetahuan. Hal ini agar artikel dari para peserta dapat dibaca banyak orang untuk dijadikan referensi.

“Kita harus berusaha bagaimana output penelitian dan pengabdian berupa artikel ilmiah yang dihasilkan banyak yang disitasi dijadikan referensi, sehingga mendorong tercapainya outcome dan impact untuk mendapatkan reputasi,” ungkapnya.

Dr. Zaprulkhan, M.S.I yang juga sebagai narasumber menuturkan, riset berbasis outcome merupakan pelaksanaan penelitian yang memerhatikan poin sebagai pencapaian dari pelaksanaan penelitian. Mengatakan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tetap berjalan baik meskipun di tengah pandemi. Dengan begitu, pihaknya terus akan mendorong dosen serta melibatkan mahasiswa.

Gustin, M.Pd selaku Panitia Pelaksanaan Seminar Hasil dan Diseminasi Penelitian Dosen Bersama Mahasiswa menuturkan, bahwa kegiatan ini adalah kegiatan pertama kali dilaksanakan Penelitian Dosen Bersama Mahasiswa di Tahun 2021 ini. Diharapkan dengan adanya budaya riset ini akan berdampak pada masyarakat  umum.

Penelitian harus menuju inovasi dan menghasilkan Hasil penelitian dapat menghasilkan output yang berkualitas. Kegiatan ini  melibatkan mahasiswa maupun dosen  untuk mempublikasikan hasil penelitian dengan output prosiding, publikasi nasional terindeks SINTA dan publikasi internasional terindeks dan bereputasi.

 

(Penulis: Tong Hari/Ayaknan | Editor: H. Ika Robiantari)